Malaysia Khawatir Dampak Obesitas

redaksi.co.id - Malaysia Khawatir Dampak Obesitas , Jakarta - Lonjakan presentase jumlah warga yang mengalami obesitas atau penumpukan lemak berlebih di badan mulai mengkhawatirkan di...

32 0

redaksi.co.id – Malaysia Khawatir Dampak Obesitas

, Jakarta – Lonjakan presentase jumlah warga yang mengalami obesitas atau penumpukan lemak berlebih di badan mulai mengkhawatirkan di Malaysia.

Menteri Kesehatan Malaysia, Subramanian, mengingatkan warganya terhadap bahaya obesitas tersebut. Negara kami yang multikultur membuat kehidupan sehari-hari kami tak lepas dari budaya makan, kata dia.

Kementerian Kesehatan Malaysia, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 3 Februari 2016, mencatat warga Malaysia yang mengalami obesitas hanya 4,4 persen saja pada 20 tahun lalu. Persentase tersebut melonjak menjadi 14 persen sedekade kemudian.

Kini, Malaysia mencatat 18 persen dari total penduduknya terkena obesitas. Angka ini hampir setara dengan 5 juta penduduk. Banyaknya jumlah itu mengkhawatirkan pemerintah Malaysia. Subramanian mengatakan, banyak hidangan tradisional malaysia mengandung banyak kalori.

Sementara warganya mengkonsumsi makanan melebihi kebutuhan. Gaya hidup masyarakat Malaysia juga mempengaruhi peningkatan angka obesitas itu. Dari segi tata kota, lebih banyak ruang untuk kendaraan daripada pejalan kaki, itu yang salah, ujar Subramanian.

Ketua Otoritas Gizi Malaysia E-Siong Tee menganggap pendidikan sebagai cara mengurangi angka obesitas. Pendidikan kesehatan yang digalakkan pada anak-anak usia 10 dan 11 tahun, menjadikan pola konsumsi dan bentuk tubuh lebih ideal. Al JAZEERA | YOHANES PASKALIS

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!