NASA Ungkap Foto Bukit Es Bergerak di Planet Pluto

redaksi.co.id - NASA Ungkap Foto Bukit Es Bergerak di Planet Pluto Badan Antariksa AS (NASA) mengungkap foto terbaru planet Pluto. Tim dari misi New Horizons merilis...

19 0

redaksi.co.id – NASA Ungkap Foto Bukit Es Bergerak di Planet Pluto

Badan Antariksa AS (NASA) mengungkap foto terbaru planet Pluto. Tim dari misi New Horizons merilis gambar bukit es bergerak pada permukaan Pluto yang mengambang di lautan nitrogen beku.

Menurut tim dari New Horizons, banyak fragmen terisolasi bisa jadi berupa air es di dataran tinggi di sekitarnya. Fragmen ini terletak di dataran es yang dijuluki Sputnik Planum yang membentang di wilayah berbentuk hati di PLuto.

Dilansir dari Science Alert, ilmuwan berpikir bukit ini mungkin lebih kecil dibandingkan pegunungan yang menempati sebagian besar batas Sputnik Planum. Variasi apa yang ada di dalam bukit tersebut masih menjadi misteri bagi para ilmuwan. Ilmuwan masih mencari tahu mengenai kondisi geologi dan atmosfer di Pluto.

Astronom NASA mereka percaya bukit es ini mengambang melalui laut dan nitrogen beku karena air bersifat kurang padat dari nitrogen yang mendominasi es. Jika demikian, kemungkinan fragmen akan bergerak dari waktu ke waktu seperti gunung es di bumi setelah memisahkan diri dataran tinggi.

© NASA foto terbaru Pluto

Di gambar yang lain bisa terlihat rantai bukit yang melayang dan terbentuk di sepanjang jalur aliran gletser nitrogen. Jika astronom ini benar, bukit-bukit menjadi subjek penggerak es nitrogen dan akhirnya mendrong formasi yang tumbuh selebar 20 km yang disebut formasi Challenger Colles.

Nama ini diambil untuk menghormati nama kru pesawat ruang angkasa Challenger. Terlihat konglomerasi sangat besar untuk struktur yang berbentuk bukit ini dengan ukuran sekitar 35 km.

NASA mengatakan bukit ini mungkin terdampar dalam jumlah besar karena es nitrogen di wilayah Sputnik Planum umumnya dangkal. Gambar-gambar ini terekam melalui kamera Multispectral Visible Imaging Camera (MVIC) yang mampu menangkap gambar 320 meter per pixel.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!