Ayu Dewi Mandikan Anaknya Air Lemon Biar Nafsunya Terkendali

162

redaksi.co.id – Ayu Dewi Mandikan Anaknya Air Lemon Biar Nafsunya Terkendali

JAKARTA – Proses Adat Gorontalo yang disebut Mo Polihu Lo Limu alias mandi Lemon, digelar artis Ayu Dewi dan Regi Datau untuk putri semata wayangnya, Aqila Dewi Humairah.

Ayu mengatakan, proses adat yang kerap dilakukan masyarakat Gorontalo pada anak perempuan yang menginjak usia balita itu, bertujuan untuk membersihkan diri dari segala kejelekan pada saat dewasa nanti.

“Anak perempuan mandi lemon, tujuannya untuk menghilangkan tujuh sifat jelek dari anak,” kata Ayu saat ditemui di kediaman kerabatnya, kawasan Jalan Prof. Dr. Supomo, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (7/2/2016).

“Ya, acaranya seperti sunatan untuk anak perempuan. Tapi bukan sunatan seperti laki-laki. Tujuannya juga untuk membersihkan, ketika beranjak dewasa nafsunya terkendali. Baik nafsu belanja, bolos sekolah, atau yang lainnya,” timpal Regi.

Dekorasi dan pernak-pernik acara pun semua berdasarkan adat Gorontalo. Pada saat proses mandi lemon dan injak piring yang berisi tujuh macam barang Aqila juga sempat menangis.

“Iya tadi Aqila nangis karena dia ngantuk-ngantuk. Bisa bangunnya siang dan tadi pagi udah dibangunin. Tapi Alhamdulillah lancar,” lanjut Ayu.

(red/ahmat/dhy/urniawan/RAK)

loading...

Comments

comments!