7 Miliarder yang Memilih Hidup Sederhana

redaksi.co.id - 7 Miliarder yang Memilih Hidup Sederhana Menjadi pengusaha miliarder tentu memiliki pilihan untuk hidup berfoya-foya dan membelanjakan hartanya. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh...

23 0

redaksi.co.id – 7 Miliarder yang Memilih Hidup Sederhana

Menjadi pengusaha miliarder tentu memiliki pilihan untuk hidup berfoya-foya dan membelanjakan hartanya. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh tujuh miliarder ini.

Dilansir dari Bussinesinsider, Ahad (7/2), tujuh miliarder ini memilih hidup jauh dari kesan bermewah-mewahan dan menghamburkan kekayaan yang ia miliki. Mereka memilih hidup sederhana.

1. Warren Buffer

Pemilik dan CEO perusahaan multinasional, Berkshire Hathaway ini memiliki kekayaan bersih mencapai 60,7 miliar dolar AS. Buffet menjadi miliarder yang dikenal paling bijaksana dan sederhana.

Menurut biografinya yang ditulis pada 2009, status Buffet sebagai orang terkaya ketiga di dunia ternyata hanya memiliki rumah senilai 31.500 dolar AS yang ia beli pada 1958. Buffet juga dikenal tidak memiliki telpon genggam dan komputer di meja kerjanya.

Pada pertemuan pemegang saham perusahaannya pada 2014 lalu, Buffet menjelaskan kualitas hidupnya tidak dipengaruhi oleh banyaknya jumlah uang yang ia miliki.

“Hidup saya bisa lebih bahagia. Tapi juga bisa lebih buruk. Jadi saya hanya memiliki sesuai apa yang saya butuhkan dan saya tidak perlu apa apa lagi, karena itu juga tidak membuat perbedaan,” ujar pengusaha di bidang asuransi jiwa, ritel dan properti ini.

2. Charlie Ergen

Pemimpin Dish Network ini memiliki kekayaan bersih mencapai 14,5 miliar dolar AS. Charlie Ergen menjadi miliarder yang dikenal sangat sederhana. Ergen mengatakan pilihanya untuk hidup tidak bermewah-mewahan karena mengenang masa lalu ibunya yang bertahan dengan banyak tekanan hidup.

Ia dikenal membawa sendiri bungkusan makan siang dan minuman gatorade sendiri sebelum bekerja setiap hari. Hingga kini pengusaha jaringan televisi kabel terkemuka di AS tersebut, tetap dikenal masih rela berbagi kamar hotel dengan rekan-rekannya selama perjalanan.

3. Carlos Slim Hel

Pendiri Grupo Carso ini memilih menjadikan kekayaannya untuk mendorong bisnisnya lebih maju daripada hanya menghabiskan kekayaan dengan berfoya-foya.

“Apa yang harus anda lakukan adalah membuatnya tumbuh, menginvestasikan kembali untuk membuatnya lebih besar atau mendiversifikasikan bisnis ke daerah lain,” ujar miliarder asal Meksiko yang juga raja telekomunikasi di kawasan latin Amerika ini.

Pria berusia 75 tahun ini merupakan orang terkaya di Meksiko, tapi dia tidak lantas hidup mewah dengan jet pribadi dan kapal pesiar. Slim dikabarkan masih setia dengan kendaraan Mercedes Benz tuanya. Ia juga menekankan kepada karyawannya untuk tetap menjaga penghematan dalam setiap kinerjanya.

4. Ingvar Kamprad

Pendiri IKEA ini memiliki kekayaan bersih mencapai 39,3 miliar dolar AS. Kamprad merupakan orang terkaya ke dua di Eropa. Namun anda tentu akan heran, bila Kampard masih rela menggunakan kelas ekonomi saat terbang di pesawat dan ikut makan siang bersama karyawannya di kantin IKEA.

Kampard sempat pindah rumah ke Swedia pada 2013 lalu setelah menghabiskan 40 tahunnya di Swiss. Kini pemilik perusahaan multinasional di bidang retail, desain dan perangkat furniture rumah ini hidup di sebuah rumah yang satu lantai rumahnya digunakan untuk peternakan.

5. Amancio Ortega

Pendiri Inditex ini baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya ke dua di dunia. Dengan kekayaan mencapai 66,8 miliar dolar, Ortega ternyata tidak lantas mengubah kebiasaannya dalam belanja kehidupan sehari-hari. Pemilik perusahaan multi biliuner Spanyol di bidang tekstil dan produksi pakaian bermerek Zara ini, sering mengunjungi kedai kopi biasa.

Ortega juga tidak sungkan makan dengan karyawan Zaranya di kantin kantornya. Seperti rekan miliardernya Mark Zuckerberg, Ortega tetap mempertahankan gaya berpakaian biasanya, kemeja putih blazer biru dan celana abu-abu yang ia pakai setiap hari.

6. Azim Premji

Pendiri Wipro Limited ini memiliki kekayaan bersih mencapai 16,5 miliar dolar AS. Taipan perusahaan multinasional di bidang strategi digital ini tidak membuat dirinya ragu berkendara dengan angkutan umum di India. Premji menggunakan bajaj di India untuk pulang dari bandara atau menjaga penggunaan berlebihan pada kertas toilet.

Premji juga tidak canggung menggunakan penerbangan pesawat kelas ekonomi, mengendarai mobil bekas dan selalu mengingatkan karyawannya untuk berhemat listrik di kantor.

7. Mark Zuckerberg

Pendiri dan CEO Facebook. Meskipun saat ini statusnya sebagai salah satu raja di aplikasi teknologi media sosial terkaya, Mark Zuckerberg tetap menjaga gaya hidupnya yang sederhana bersama istrinya, Priscilla Chan dan putrinya yang baru lahir. Ia tidak malu menggunakan t-shirt, hoodie dan seragam sederhana lain seperti celana jinsnya.

“Aku berusaha untuk memangkas keinginan berlebihan, apa yang harus aku makan atau apa yang harus aku pakai. Karena aku memiliki banyak keputusan yang harus kubuat,” kata Zuckerberg.

Jebakan kekayaan tidak akan membutakan pria 31 tahun ini, setelah menikah dengan istrinya Chan pada 2012, Zuckerberg menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk amal. Zuckerberg juga membeli mobil biasa, Acura VW Hatchback dengan transmisi manual senilai 30 ribu dolar AS.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!