Google Berbagi Tips Aman di Jaringan Online

redaksi.co.id - Google Berbagi Tips Aman di Jaringan Online JAKARTA -- Ponsel telah menjelma menjadi komputer mini yang memungkinkan semua orang dapat mengakses ke informasi. Dengan...

53 0

redaksi.co.id – Google Berbagi Tips Aman di Jaringan Online

JAKARTA — Ponsel telah menjelma menjadi komputer mini yang memungkinkan semua orang dapat mengakses ke informasi. Dengan semakin mudah akses ke Internet, demikian juga risiko yang berkaitan dengannya semakin tinggi juga. Google memberikan tips agar Anda dapat menghindari kebanyakan risiko dengan melakukan beberapa langkah sederhana berikut:

Periksa keamanan aplikasi

Ada berjuta-juta aplikasi seluler yang kini tersedia. Kebanyakan tersedia secara gratis serta mudah untuk diunduh. Sebuah hal yang penting untuk berpikir dua kali sebelum melakukan pengunduhan sebuah aplikasi karena beberapa aplikasi dapat berisi software berbahaya serta dapat merusak telepon seluler milik Anda.

Agar dapat terhindar dari unduhan aplikasi yang berbahaya, Anda bisa mengambil referensi melalui komentar dari pengguna lain yang sudah ada. Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan sistem dan kebijakan privasi untuk memahami informasi pribadi apa saja yang dapat diakses aplikasi. Yang paling penting, Google menganjurkan agar mengunduh aplikasi dilakukan dari sumber resmi, seperti Google Playstore di perangkat Android Anda atau di iTunes di iPhone milik Anda.

Cek keamanan Wi-Fi

Selain soal keamanan aplikasi, pengguna juga perlu mewaspadai jaringan Wi-Fi. Jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum atau yang tidak dikenal dapat dimanfaatkan sebagai gerbang penyalahgunaan informasi pribadi. Berhati-hatilah ketika melakukan penjelajahan internet di sebuah jaringan yang Anda tidak kenal, seperti jaringan Wi-Fi terbuka, seperti di sebuah kafe internet.

Penyedia layanan mungkin memantau semua lalu lintas di jaringannya, termasuk memantau informasi pribadi Anda apabila koneksi tidak dienkripsi. Oleh karena itu, ketika menggunakan Wi-Fi umum, hindari memasukkan informasi pribadi, seperti username dan password, atau melakukan transaksi online, seperti transaksi perbankan ataupun belanja dalam jaringan/daring (online).

Jika Anda memiliki putra-putri, penting agar mereka diberikan pemahaman mengenai keamanan daring sebelum memberikan mereka perangkat telepon seluler maupun sebuah tablet. Anak-anak perlu dibekali pemahaman situs mana sajakah yang tepat untuk usia mereka, informasi apa saja yang dapat mereka berikan kepada orang lain. Mereka juga perlu dibekali dengan pemahaman mengenai pentingnya password atau PIN yang baik. Pemahaman ini penting agar mereka tidak sembarangan menginformasikan kepada orang lain.

Bagaimana saya dapat mengetahui lokasi telepon seluler saya apabila kehilangan atau kecurian?

Apabila Anda memiliki telepon seluler berbasis Android, yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan Android Device Manager agar dapat mencari lokasi telepon selulernya di sebuah peta, secara jarak jauh: bunyikan atau kunci, lakukan sebuah panggilan telepon, atau hapus semua yang ada di dalam telepon seluler. Dengan cara ini, informasi yang ada akan tetap aman jika Anda kehilangan atau kecurian.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!