Hari Pers Nasional Momentum Kemitraan Strategis DPD dan Media Majukan Daerah

redaksi.co.id - Hari Pers Nasional Momentum Kemitraan Strategis DPD dan Media Majukan Daerah MATARAM - Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2016 kali ini dipusatkan di Provinsi...

40 0

redaksi.co.id – Hari Pers Nasional Momentum Kemitraan Strategis DPD dan Media Majukan Daerah

MATARAM – Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2016 kali ini dipusatkan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang puncak acaranya akan berlangsung Selasa (9/2/2016) besok dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Wakil Ketua DPD RI, Farouk Muhammad, yang berpartisipasi menyertai wartawan sejak “Sail Journalis” KRI Makassar dari Armada Timur (Armatim) TNI AL Surabaya menuju Lombok sebagai rangkaian acara HPN, mengaku sangat bergembira dapat menyambut para insan media yang hadir di NTB.

Dia berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk mempromosikan dan mendorong kemajuan daerah.

“Terselenggaranya peringatan HPN 2016 di NTB ini dengan hadirnya DPD RI membawa pesan kuat pentingnya kemitraan strategis dalam rangka percepatan pembangunan daerah,” ungkap Farouk.

Menurut Guru Besar PTIK/UI ini, setidaknya ada tiga peran strategis media kaitannya dengan daerah.

Pertama, insan media dapat lebih aktif menyuarakan aspirasi daerah dalam kaitannya dengan dukungan pemerintah pusat.

Ini sekaligus menjadi masukan bagi DPD untuk memperjuangkan aspirasi itu kepada pusat.

Kedua, insan media dapat lebih gencar mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi daerah sehingga mampu mengundang wisatawan dan investor luar.

Ketiga, melalui perannya media diharapkan mengingatkan jajaran pemerintah daerah (pemda) bahwa DPD adalah wakil mereka di pusat.

Jadi mereka semestinya berkolaborasi dengan DPD dalam memperjuangkan aspirasi dan program-program pembangunan daerah.

“Selama ini ada kecenderungan kolaborasi demikian belum terwujud sebagaimana mestinya sehingga anggota DPD lebih banyak menampung dan menyuarakan aspirasi masyarakat yang belum tentu sejalan dengan program Pemda,” kata Farouk.

DPD ingin bergandengan tangan dengan media, menjadikan insan media sebagai mitra kerja strategis dalam mempercepat kemajuan daerah.

“Akhirnya, kolaborasi dan optimalisasi peran DPD, Media, dan Pemda sebagai komponen strategis pembangunan daerah menjadi penting dalam rangka memajukan dan mensejahterakan rakyat Indonesia. Selamat Hari Pers Nasional 2016,” kata Farouk.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!