Detik-detik Menegangkan Pesawat Batalkan Pendaratan Akibat Badai

redaksi.co.id - Detik-detik Menegangkan Pesawat Batalkan Pendaratan Akibat Badai Angin kencang dan hujan deras akibat Badai Imogen diInggris memaksa sebuah pesawat memutuskan batal mendarat meski roda...

21 0

redaksi.co.id – Detik-detik Menegangkan Pesawat Batalkan Pendaratan Akibat Badai

Angin kencang dan hujan deras akibat Badai Imogen diInggris memaksa sebuah pesawat memutuskan batal mendarat meski roda pesawat telah menyentuh landasan. Namun, karena kencangnya angin, pilot langsung kembali menukik moncong hidung burung besi tersebut.

Manuver itu terjadi di bandara London City Airport pada Senin 8 Februari 2016. Keputusan diambil pilot penerbangan Alitalia AZ 222 dari Milan ke London.

Detik-detik menegangkan itu terekam video amatir Wynter Blathwayt seperti dilansir dari Telegraph, Rabu (10/2/2016). Dalam rekaman tersebut, roda pesawat telah menyentuh landasan, namun karena angin begitu kencang badan burung besi itu terlihat tidak stabil. Pilot segera mengambil tindakan untuk take off kembali.

Alitalia AZ222 seharusnya mendarat di London pukul 15.35 waktu setempat, namun akibat badai itu, penerbangan tersebut berputar di udara dan mendarat beberapa menit kemudian.

“Penerbangan dari Milan terpaksa tidak jadi mendarat di London City Airport pada waktunya karena Badai Imogen,” kata juru bicara Alitalia.

“Pesawat berhasil mendarat beberapa menit kemudian. Manuver itu merupakan hal wajib bagi pilot kami dan mereka terlatih untuk itu. Penumpang telah diinformasikan saat pilot putuskan manuver tersebut dan mereka dalam keadaan baik-baik saja,” imbuhnya lagi. Saat insiden berlangsung, angin di bandara mencapai 54 mph atau sekitar 86 kilometer per jam.

Badai Imogen memaksa ribuan rumah diInggris tak dialiri listrik. Badai itu berkecepatan 100 mph atau sekitar 160 kilometer per jam.

Berikut rekaman manuver batal mendarat yang menegangkan.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!