Tes IQ, Kecerdasan Anjing Mirip dengan Manusia

redaksi.co.id - Tes IQ, Kecerdasan Anjing Mirip dengan Manusia , Jakarta - Banyak pemilik anjing menyangka jika hewan peliharaan mereka lebih pintar daripada anjing kebanyakan....

32 0

redaksi.co.id – Tes IQ, Kecerdasan Anjing Mirip dengan Manusia

, Jakarta – Banyak pemilik anjing menyangka jika hewan peliharaan mereka lebih pintar daripada anjing kebanyakan. Mereka mungkin suatu hari dapat memberikan angka untuk hewan peliharaan mereka sebagaimana seorang peneliti Inggris telah menemukan tes mengukur kecerdasan (IQ) terpercaya pertama untuk anjing.

Tes IQ dilakukan pada beberapa ekor anjing Border Collie yang menunjukkan kemiripan seperti manusia, yakni anjing bervariasi dalam segi kepintaran mereka.

Penelitian ini, demikian dikutip dari laman Daily Mail, 8 Februari 2016, memiliki tujuan yang serius – untuk memahami bagaimana kesehatan mempengaruhi kecerdasan dan demensia (penurunan fungsi kemampuan mengingat disebabkan oleh kelainan pada otak). Pemahaman akan intelijensia dari spesies non-manusia diharapkan dapat membantu menjelaskan penyakit demensia pada manusia.

Para ilmuwan mengatakan, mempelajari hubungan antara kecerdasan dan kesehatan pada anjing lebih mudah daripada pada manusia. Hal ini dikarenakan anjing tidak merusak kesehatan mereka dengan minum alkohol secara berlebihan, merokok atau mengonsumsi obat-obatan penenang – yang memiliki efek kuat pada fungsi mental.

Kecerdasan anjing juga tidak terpengaruh oleh kelas sosial – apakah mereka dilahirkan di dalam sumur atau di keluarga miskin.

Para peneliti dari London School of Economics dan University of Edinburgh dilaporkan menguji 68 ekor anjing Border Collie.

Tes meliputi navigasi, mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk menemukan makanan yang tersembunyi, dan apakah mereka bisa membedakan jumlah yang berbeda dari makanan. Peneliti juga menilai seberapa baik anjing bisa mengikuti petunjuk manusia untuk suatu objek.

Para peneliti menemukan bahwa anjing yang tidak baik pada satu tes cenderung lebih baik di tes lain – membuktikan bahwa kecerdasan adalah hal yang umum pada anjing, sama seperti pada manusia.

Selain itu, anjing yang melakukan tes dengan cepat kemungkinan besar akan melakukannya dengan lebih akurat.

Rosalind Arden, doktor dari Research Associate di LSE, mengatakan: “Sama seperti orang yang memiliki kemampuan berbeda dalam memecahkan masalah, begitupun anjing, bahkan dalam hal berkembang biak. Hal ini penting karena pada manusia ada kecenderungan kecil tapi terukur bagi orang yang bahagia untuk menjadi sehat dan hidup lebih lama.”

Para peneliti mengatakan uji coba dilakukan satu jam per tiap anjing, yang sebanding dengan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melakukan tes IQ.

Mark Adams, dari Research Fellow di University of Edinburgh, mengatakan ia berharap tes bisa digulirkan lebih luas. “Ini hanya langkah pertama, tapi kami bertujuan membuat tes IQ anjing yang handal, valid dan dapat dilakukan dengan cepat. Tes semacam ini bisa meningkatkan pemahaman kita tentang hubungan antara kecerdasan anjing, kesehatan, bahkan umur, dan menjadi dasar dari ‘epidemiologi cognitive’,” ujarnya.

Menurut Adams, tes akan memberikan informasi penting tentang hubungan antara kecerdasan dan kesehatan, penuaan dan kematian. “Data dari hewan non-manusia sangat penting jika kita ingin mengembangkan pemahaman yang lengkap dari intelijensia, salah satu ciri yang paling penting dalam seluruh kerajaan hewan.”

Penelitian sebelumnya telah memperkirakan bahwa anjing tidak lebih pintar dari manusia yang berusia dua tahun. Dan pengamatan telah menemukan Border Collie adalah jenis anjing yang paling cerdas, diikuti oleh pudel, dan gembala Jerman. Golden Retriever berada di posisi keempat, Doberman kelima, berikut Shetland sheepdogs dan anjing Labrador.

Sebuah Border Collie di Rico Amerika Serikat, dikatakan oleh psikolog mampu mengenali 250 kata – dibandingkan dengan 165 anjing kebanyakan.

DAILY MAIL | MECHOS DE LAROCHA

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!