Manor Sambangi Indonesia Bahas Nasib Rio

redaksi.co.id - Manor Sambangi Indonesia Bahas Nasib Rio - Tim balap motor asal Inggris, Manor Motorsport, akan berkunjung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pekan...

34 0

redaksi.co.id – Manor Sambangi Indonesia Bahas Nasib Rio

Tim balap motor asal Inggris, Manor Motorsport, akan berkunjung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pekan ini, membicarakan keikutsertaan Rio Haryanto di ajang Formula Satu (F1).

Hal itu diungkapkan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto kepada para wartawan, Selasa siang (9/2).

Gatot mengaku dua hari lalu menerima salinan surat pemilik Manor Motorsport, Stephen Fitzpatrick, yang menyatakan Manor tetap akan meberikan perhatian kepada pihak Rio. “Mereka mau datang ke Indonesia, kita belum tahu kapan, tapi minggu ini,” kata Gatot.

Nasib Rio untuk tampil di ajang balap roda empat paling bergengsi itu memang masih terkatung-katung tak menentu, lantaran belum tercukupinya dukungan dana yakni sebesar 15 juta euro atau sekitar 229 miliar rupiah.

Dari dana 15 juta euro untuk tampil di F1, sampai saat ini Rio baru berhasil mengumpulkan 5,2 juta euro dari Pertamina, dan tambahan Rp 100 miliar atau setara dengan sekitar 6,5 juta euro dari Kemenpora.

Mereka juga seharusnya membayarkan uang muka 3 juta euro pada Jumat (5/2). Namun pencairan dana dari pemerintah terkendala birokrasi, sementara uang dari Pertamina bersifat reimbursement.

Harus ada pihak lain dulu yang menanggung, baru Pertamina memberikan jaminan.

Gatot menyampaikan, surat Manor tidak mencantumkan soal kelonggaran waktu terkait pembayaran untuk mengamankan satu kursi balap di tim Manor.

“Di dalam surat yang kami terima tersebut juga tidak menyebut deadline-nya kapan. Tapi kita terjemahkan bahwa Manor sangat fall in love pada Rio. Tapi namanya fall in love kan tetap berbayar,” ucap Gatot.

Pihak Manor sebelumnya sudah memberikan surat peringatan yang ditujukan kepada pihak yang mewakili Rio di Indonesia, PT Kiky Sport, pada 12 Januari 2016.

Inti surat yang ditandatangani Direktur Manor Racing, Abdulla Boulsien itu mengingatkan agar Rio segera memenuhi persyaratan yang diberikan karena tidak akan ada toleransi lagi yang diberikan kepada Rio terkait pembayaran kesempatan mendapatkan satu kursi pebalap di Manor.

Akibat ketidakpastian tersebut, Manor pun menjadi tim terakhir yang belum mengumumkan pebalapnya untuk ajang F1 musim depan.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!