Reptil Langka Lahir di Kebun Binatang di Inggris

redaksi.co.id - Reptil Langka Lahir di Kebun Binatang di Inggris Untuk pertama kalinya dalam 70 juta tahun, tuatara dilahirkan di luar Selandia Baru yang merupakan habitat...

11 0

redaksi.co.id – Reptil Langka Lahir di Kebun Binatang di Inggris

Untuk pertama kalinya dalam 70 juta tahun, tuatara dilahirkan di luar Selandia Baru yang merupakan habitat aslinya. Dua bulan lalu, seekor reptil yang mirip dengan kadal, tuatara dengan berat hampir empat gram lahir di kebun binatang Chester, Inggris.

Kepala Kebun Binatang Chester, Isolde McGeorge mengaku baru memberitahu kelahiran tuatara ini sampai mereka yakin dengan kesehatan reptil tersebut.

“Pembibitan tuatara merupakan prestasi luar biasa. Mereka sangat sulit untuk berkembang biak. Adil jika saya mengatakan ini langka, karena penelitian sudah berjalan selama 38 tahun,” katanya dilansir dari Reuters.

Tuatara memiliki nama ilmiah Sphenodon punctatus, spesies ini diperkirakan telah di Bumi selama 225 juta tahun, mendahului dinosaurus. Reptilia ini mirip dengan kadal, namun, mereka bukan termasuk kadal. Tuatara adalah satu-satunya anggota yang masih hidup dari ordo Rhynchocephalia, yakni bangsa reptil yang berkembang 200 juta tahun yang lalu.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!