Satu WNI dipastikan tewas akibat gempa Taiwan

redaksi.co.id - Satu WNI dipastikan tewas akibat gempa Taiwan - Berselang nyaris sepekan setelah gempa 6,4 skala richter yang melanda Taiwan, ditemukan korban tewas berstatus...

14 0

redaksi.co.id – Satu WNI dipastikan tewas akibat gempa Taiwan

– Berselang nyaris sepekan setelah gempa 6,4 skala richter yang melanda Taiwan, ditemukan korban tewas berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Kementerian Luar Negeri RI menyatakan korban ditemukan di salah satu reruntuhan apartemen Distrik Tainan.

“Kondisi jenazah sudah sedemikian rupa sehingga tidak mungkin dilakukan identifikasi secara visual,” kata Lalu Muhammad Iqbal, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, dalam pesan singkat yang diterima merdeka.com, Jumat (12/2).

Berdasarkan keterangan terpisah dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), korban tewas itu adalah buruh migran asal Temanggung, Jawa Tengah.

“Atas nama Ellysabet Sami, tanggal lahir 2 Februari 1970,” kata Kepala BNP2TKI Nusron Wahid dalam keterangan persnya. Nusron mengaku menerima informasi tersebut dari Kepala Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Arief Fadillah yang terus aktif mendatangi rumah sakit maupun lokasi evakuasi.

Sebelumnya, KDEI mengaku baru memastikan adanya tujuh WNI yang luka ringan akibat gempa dan semuanya sudah pulang dari rumah sakit. Sempat beredar kabar ada pemegang paspor Indonesia tewas, namun di lapangan beberapa hari lalu tak ada indikasi ke arah sana.

Pemerintah RI memperkirakan lebih dari 2.000 WNI menetap di Taiwan, sebagian besar merupakan buruh migran dan pelajar.

Gempa pekan lalu merobohkan empat bangunan tinggi di Distrik Tainan, termasuk apartemen 17 lantai milik grup Dragon Building. Di apartemen itulah paling banyak korban tewas, karena lebih dari 100 penghuni dilaporkan hilang. Hingga berita ini dilansir, pemerintah Taiwan menyatakan total korban tewas mencapai 93 orang, dan masih bisa bertambah seiring perkembangan operasi tim SAR.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!