Waspada, Hujan Lebat Guyur Jabodetabek hingga Rabu Depan

141

redaksi.co.id – Waspada, Hujan Lebat Guyur Jabodetabek hingga Rabu Depan

Hujan lebat diperkirakan akan mengguyur Jakarta dan wilayah sekitar (Jabodetabek) hingga 15-17 Februari mendatang.

Prediksi ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Perkembangan kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya indikasi potensi kejadianhujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jabodetabek,” ucap Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Hary Tirto Djatmiko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (14/2/2016).

Hary menjelaskan, hal ini terpantau mulai hari ini di wilayah selatan Jabodetabek dengan intensitas hujan relatif mulai meningkat.

Dengan demikian, perlu diantisipasi beberapa hari ke depan akumulasi curah hujan juga akan semakin tinggi.

BMKGpun mengimbau agar seluruh instansi dan masyarakat bersiaga dalam menghadapi potensi hujan lebat yang diperkirakan akan terjadi mulai Senin sore hari dan akan semakin lebat pada Selasa dini hari hingga pagi (16 Februari 2016).

“Demikian pada hari berikutnya 17 Februari 2016, potensi hujan masih cukup tinggi dengan pola yang hampir sama,” imbuh Hary.

Selain Jabodetabek menurut Hary, dalam seminggu ke depan, hujan lebat akan berpotensi terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung.

“Hujan lebat juga akan mengguyur Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua bagian selatan.

“Dengan masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia, masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga. Terutama di daerah dataran tinggi/pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang dan tanah longsor,” lanjut Hary.

Termasuk, daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir.

Masyarakat juga diimbau menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, imbuh HAry, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam.

Yakni melalui call center 0216546315/18, web.meteo.bmkg.go.id, follow @infobmkg, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

loading...

Comments

comments!