MyShake, Ubah Ponsel Jadi Pendeteksi Gempa

111

redaksi.co.id – MyShake, Ubah Ponsel Jadi Pendeteksi Gempa

CALIFORNIA — Sebuah aplikasi terbaru bernama MyShake mengundang pengguna untuk mengujinya. Aplikasi yang dibuat oleh ilmuwan-ilmuwan California ini didapuk untuk jadi seismometer bergerak.

Dikutip BBC, Jumat (12/2), MyShake bisa mendeteksi gempa bahkan ketika perangkat ponsel berada di kantong atau tas. Ide ini menggunakan ponsel sebagai pengumpul data dan menjadi bagian jaringan yang bisa memberikan peringatan.

Gerakan tanah yang hebat butuh waktu untuk keluar dari pusat tremor, sehingga orang yang jauh dari lokasi bisa menerima peringatan vital di ponsel beberapa detik sebelumnya. “Hanya beberapa detik, yang anda butuhkan adalah merunduk, berlindung dan bertahan,” kata Profesor Richard Allen dari UC Berkeley Seismological Laboratory.

Para peneliti saat ini menginginkan banyak orang mengunduh aplikasi dan membantu mengujinya. Hal ini demi meningkatkan kemampuan aplikasi tersebut.

Aplikasi ini menggunakan algoritma canggih untuk menganalisa semua getaran berbeda yang dideteksi ponsel. Algoritma ini telah ‘dilatih’ untuk membedakan antara gerakan tubuh manusia sehari-hari dan gerakan spesifik ketika terjadi gempa.

Sensitivitasnya baik di tremor lebih dari lima SR dari jarak 10 km dari pusat gempa. Dari simulasi, aplikasi ini mendeteksi gempa dengan ketepatan 93 persen dari banyak kasus. Ketika mendeteksi sesuatu, MyShake akan mengirim pesan ke server pusat jaringan mobile.

Hubungan ini kemudian menghitung lokasi dan ukuran gempa. Saat ini, aplikasi tersedia untuk Android. Versi iOS masih dalam pengembangan.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!