Mengenal Lebih Dekat Aliko Dangote, Miliarder Kulit Hitam Terkaya

redaksi.co.id - Mengenal Lebih Dekat Aliko Dangote, Miliarder Kulit Hitam Terkaya Nama Aliko Dangote pasti masih asing terdengar di telinga Anda. Di balik kesuksesannya yang luar...

19 0

redaksi.co.id – Mengenal Lebih Dekat Aliko Dangote, Miliarder Kulit Hitam Terkaya

Nama Aliko Dangote pasti masih asing terdengar di telinga Anda. Di balik kesuksesannya yang luar biasa, pria 58 tahun ini ternyata merupakan satu-satunya orang kulit hitam yang mampu masuk ke dalam daftar 50 besar miliarder terkaya dunia.

Mengutip laman Business Insider, Minggu (14/2/2016) Aliko Dangote merupakan presiden dan CEO dari Dangote Group, perusahaan yang yang bergerak di bidang komoditas dan memiliki daerah operasi di Nigeria dan sejumlah negara di Afrika, termasuk Benin, Kamerun, Togo, Ghana, Afrika Selatan, dan Zambia.

Pria terkaya nomor satu di Afrika ini ternyata telah menjadipimpinan perusahaan tersebut selama 35 tahun. Sebagian besar kekayaannya berasal dari produksi semen Dangote. Ia memiliki pabrik semen di beberapa wilayah Afrika seperti Zambia, Tanzania serta Afrika Selatan.

Selain merupakan pebisnis ulung, Dangote juga dikenal sebagai miliarder yang dermawan. Lewat beberapainisiasinya, ia menjalankan berbagai misi kemanusiaan yang berfokus di bidang pendidikan, pertanian, dan kesehatan. Salah satu programnya yang terkenal adalah memberikan sumbangan US$ 12 ribu per hari untuk penduduk Afrika yang kurang mampu.

Pada bulan Januari lalu, Dangote mengumumkan programnya untuk membantu mengurangi kondisi malnutrisi di Nigeria. Bersama miliarder Bill Gates, mereka sepakat untuk menyumbang US$ 100 juta untuk meningkatkan upaya imunisasi pada anak-anak yang kekurangan gizi.

Dalam daftar miliarder versi Business Insider, Dangote menempati posisi 49 di daftar orang terkaya dunia. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 18,3 miliar pada tahun 2015. (Vna/Gdn)

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!