Jokowi Akan ke Silicon Valley, Ketemu CEO IT

redaksi.co.id - Jokowi Akan ke Silicon Valley, Ketemu CEO IT , Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menghadiri US-ASEAN Summit di Amerika Serikat, 15-16 Februari...

26 0

redaksi.co.id – Jokowi Akan ke Silicon Valley, Ketemu CEO IT

, Jakarta – Presiden Joko Widodo akan menghadiri US-ASEAN Summit di Amerika Serikat, 15-16 Februari 2016. “Bagi Indonesia, pertemuan dengan Amerika dan negara ASEAN harus dieratkan,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 14 Februari 2016.

Ia menjelaskan dua agenda utama yang akan dibicarakan dalam pertemuan itu. Pertama, soal ekonomi. Jokowi akan mempromosikan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta ekonomi berbasis digital. Presiden pun dijadwalkan mengunjungi Silicon Valley, markas perusahaan-perusahaan berbasis teknologi digital. “Bertemu CEO perusahaan IT,” kata Jokowi. Saat berkunjung ke AS, Oktober 2015, ia membatalkan agenda ke Silicon Valley karena kasus kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Tema kedua yang akan dibahas Presiden AS Barack Obama dan para pemimpin negara ASEAN adalah masalah terorisme. Jokowi akan mendapat kesempatan berpidato tentang keamanan dan berbagi pengalaman mengenai penanganan terorisme. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia ingin ambil bagian dalam membangun toleransi, mencegah radikalisasi, serta memberantas terorisme. “Indonesia juga akan mengangkat pentingnya keterlibatan masyarakat, termasuk melalui media sosial, dalam melawan terorisme.

Forum ASEAN-AS akan berlangsung pada 15-16 Februari di Sunnylands, California. Selanjutnya, Presiden akan menjadi pembicara kunci dalam US-ASEAN Business Council pada 17 Februari. Jokowi dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Jumat, 19 Februari. Tampak dalam rombongan Presiden antara lain Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. ADITYA BUDIMAN

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!