Si Daeng yang Disegani

229

redaksi.co.id – Si Daeng yang Disegani

Tokoh paling berpengaruh di Kalijodo, Daeng Azis terlihat menggunakan mobil Mercy seri C Class Silver dengan plat nomor B 471 SSH saat mendatangi Komnas HAM siang tadi. Azis dikenal sebagai ‘bos’ di wilayah Kalijodo.Salah satu warga Kalijodo, Lela (52) menuturkan bahwa Daeng Azis sering memantau wilayah Kalijodo dan menjaga kondusifnya Kalijodo.”Sering jalan, kontrol dari depan, lewat,” ujar Lela di depan warung makannya di kawasan Kalijodo Jakarta Utara, Senin (15/2).Ia juga menambahkan bahwa ‘bos’ nya tersebut bertanggung jawab memberikan keamanan kepada warga Kalijodo.

Bawahan Daeng Azis lah yang turun langsung ke lapangan jika ada pertikaian di bawah, tidak disebutkan nominal khusus untuk uang keamanan.”Enggak, buat keamanan bos yang bayar. Yang pegang ini bos. Mangkanya di sini enggak boleh ada yang macem-macem, kan dia yang jaga,” imbuh Lela.Warga lainnya, Rizal (55) juga menuturkan hal serupa.

Ia menjelaskan bahwa tidak ada uang keamanan yang dibayarkan.”Enggak ada uang keamanan. Adanya uang kebersihan,” ujar bapak empat anak ini di wilayah Kalijodo.Ia juga bercerita mengenai apabila ada keributan atau penjualan narkoba maka petugas keamanan ‘bos’ turun tangan untuk diserahkan ke polsek terdekat.”(Bos) mengelola semua tempat di sini. Sering pantau,” imbuhnya.Ia juga menceritakan bahwa dahulu selain prostitusi juga ada perjudian di wilayah Kalijodo. Terkait penertiban yang direncanakan oleh Pemprov DKI Jakarta pihaknya tidak ingin dipindahkan ke rusun.”Enggak mau dipindah ke rusun. Kan rusun enggak ada hak miliknya. Enggak ada harapan buat anak. Kita juga enggak akan pulang. Kita merantau mati. Di kampung kerja paling tani,” tutupnya.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!