Kemenlu AS Hapus Ribuan Email Pribadi Hillary Clinton

134

redaksi.co.id – Kemenlu AS Hapus Ribuan Email Pribadi Hillary Clinton

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON — Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengeluarkan 551 surat elektronik baru, termasuk 84 surat dikategorikan kembali sebagai pribadi atau rahasia, dari server pribadi kandidat calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Hillary Clinton dituduh menggunakan server pribadi surat elektroniknya saat berada di kantor daripada menggunakan sistem pemerintahan yang lebih aman, hal tersebut berisiko pada kerahasiaan data AS.

Kementerian Luar Negeri AS sejauh ini mengeluarkan hampir 46 ribu halaman surat elektronik dari toal 55 ribu halaman, semuanya diharapkan dapat dipublikasi pada akhir bulan ini. Hingga Sabtu (13/2), sebagian dari 1.012 halaman yang dikirimkan atau dari server pribadi Clinton telah dihapus.

“Termasuk 81 surat elektronik dikategorikan kembali sebagai pribadi dan tiga surat elektronik pada kategori rahasia, kata pejabat Kementerian Luar Negeri AS.

“Informasi telah kami tingkatkan hari ini, sebelumnya surat-surat itu tidak ditandai sebagai surat rahasia pada saat surat tersebut dikirim,” tambah pejabat tersebut.

Pada Januari lalu, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan sebanyak 22 dari dokumen yang ditemukan pada server pribadi Clinton mengandung materi sangat rahasia dan tidak akan diumumkan. FBI menginvestigasi server surat elektronik pribadi Clinton yang digunakannya.

Clinton telah berkali-kali membantah melakukan hal itu tetapi persoalan tersebut telah menjadi sumber utama kontroversi dalam kampanye presidennya.

(red/uli/etiyo/udi/JSB)

loading...

Comments

comments!