Fakta Menarik Seputar Negara Terkorup dan Terbersih di Dunia

284

redaksi.co.id – Fakta Menarik Seputar Negara Terkorup dan Terbersih di Dunia

Kasus korupsi menjadi salah satu masalah yang serius dalam sebuah negara. Salah satunya Indonesia. Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara yang punya masalah korupsi.

Menurut Transparency.org, 68 persen negara di seluruh dunia punya masalah korupsi yang serius. Separuh dari jumlah itu adalah negara yang masuk dalam negara G20.

Transparency.org itu juga menyebutkan, tak ada satu negara di belahan dunia yang terbebas dari masalah ini. Yang membedakannya adalah separah apa kasus tersebut.

Corruption Perception Index jelas menunjukkan bahwa korupsi jadi kutukan di seluruh dunia. Tapi di 2015 juga terjadi banyak protes perlawanan terhadap korupsi. Orang di seluruh dunia mengirim sinyal yang kuat untuk melawan itu,” ujar kepala Transparency International Jose Ugaz.

Transparency.org menilai perlawanan terhadap korupsi jelas nyata terjadi di beberapa belahan dunia. Di 2015, indeks korupsi beberapa negara menurun, bukti bahwa ada tren perlawanan akan hal ini.

Negara-negara seperti Yunani, Senegal, Inggris adalah beberapa di antaranya. Skor mereka lebih baik dibanding 2012. Transparency mengelompokkan negara-negara korupsi dalam skala 100. Lebih besar nilainya, maka lebih bersih negara tersebut dari korupsi. Namun jika nilainya kecil, maka korupsi masih menggerogoti negara tersebut.

Di sisi lain negara seperti Brazil, Libya, Spanyol dan Turki malah memburuk.

Riset yang dilakukan transparency menunjukkan ada keterkaitan antara korupsi dengan konflik di sebuah negara. 5 dari 10 negara paling korup di dunia juga termasuk negara dalam 10 negara paling tidak aman, atau tingkat perdamaiannya rendah.

Afghanistan contohnya. Jutaan dolar uang yang harusnya digunakan untuk pembangunan dilaporkan hilang atau dicuri. Selain negara konflik, negara yang tingkat kesejahteraannya rendah pun rentan menjadi negara korup.

Di Angola 70 persen dari populasinya hidup dengan hanya US$ 2 per hari. 1 dari 6 anak-anak meninggal dalam usia mereka belum sampai 5 tahun.

Negara paling korup di antaranya seperti Angola, Sudan Selatan, Sudan Afghanistan hingga Korea Utara

Kontra dari hal itu, negara-negara di Eropa menduduki peringkat teratas negara paling bersih. Namun hanya karena negara tersebut punya sektor publik yang bersih dari korupsi, bukan berarti mereka tak ada korupsi, atau terkait dengan kasus korupsi di tempat lain.

Contohnya Swedia yang menjadi negara paling bersih ketiga dalam indeks tersebut. Namun, perusahaan gabungan Swedia dan Finlalndia yang 37 persen sahamnya dimiliki Swedia menghadapi tuduhan bahwa mereka membayar jutaan dolar uang suap untuk mengamankan bisnis di Uzbekistan, yang masuk di daftar 153 dalam indeks.

Berikut daftar negara paling bersih dari korupsi

1. Denmark

2. Finlandia

3. Swedia

4. Selandia Baru

5. Belanda

6. Norwegia

7. Swiss

8. Singapura

9. Kanada

10. Jerman

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!