Perkenalkan, Memori Penyimpan Data Hingga Miliaran Tahun

147

redaksi.co.id – Perkenalkan, Memori Penyimpan Data Hingga Miliaran Tahun

LONDON — Para peneliti dari Universitas Southampton, Inggris, menciptakan penemuan memori penyimpanan terbaru. Memori bernama ‘superman memory crystal’ tersebut bisa aktif lebih lama daripada usia manusia. Data arsip tersimpan dalam bentuk five dimensional (5D), dan mampu bertahan hingga miliaran tahun.

Laman Dailymail melaporkan, memori kaca ini berbentuk bulat dan sangat tipis. Ukurannya juga kecil sehingga bisa dipegang hanya dengan dua jari. Di dalam foto yang dipajang Dailymail, memori superman dipegang dalam posisi berdiri dengan ujung ibu jari dan telunjuk.

Satu buah memory crystal memiliki kapasitas 360 TB penyimpanan data, dengan suhu panas penyimpanan 1000 derajat celcius.

Pada suhu 190 derajat celcius, sistem penyimpanan bisa bertahan hingga 13,8 miliar tahun. Begitu pula bila disimpan dengan suhu ruangan, memori ini akan tetap menyimpan data ‘abadi’. Dalam membuat superman memori, para peneliti menggunakan femtosecond-ultrafast-laser writing dalam merekam data. Laser menciptakan tiga lapisan dengan cahaya. Satu lapisannya memiliki ketebalan lima mikrometer.

Kaca memori juga memanfaatkan proses polarisasi cahaya. Hal tersebut membuat tulisan atau data hanya bisa dibaca dengan mikroskop atau polarizer. Para peneliti sebelumnya sudah menguji coba memori ini pada 2013 lalu dengan memasukkan data teks sebesar 300 kb. Kini, para peneliti sudah mulai menggunakannya untuk Newton Opticks hingga menyimpan King James Bible.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!