Ini Kota di Indonesia yang Pertumbuhan Propertinya Bakal Melejit

redaksi.co.id - Ini Kota di Indonesia yang Pertumbuhan Propertinya Bakal Melejit Sektor properti di Indonesia terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Meski sempat lesu pada tahun lalu...

53 0

redaksi.co.id – Ini Kota di Indonesia yang Pertumbuhan Propertinya Bakal Melejit

Sektor properti di Indonesia terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Meski sempat lesu pada tahun lalu akibat perlambatan ekonomi, pertumbuhan sektor ini diyakini bakal kembali melejit pada tahun ini.

Director Strategic Advisoy Coldwell Banker Commercial Tommy H Bastamy mengatakan, ada sejumlah kota yang berpotensi menjadi pusat pertumbuhan properti pada tahun-tahun mendatang. Kota-kota tersebut antara lain, Pontianak, Banjarmasin, Kendari, Palembang dan Cirebon.

Kelima kota tersebut dinilai berpotensi memiliki pertumbuhan properti yang tinggi karena menjadi wilayah yang subur akan sumber daya alam (SDA). Dengan demikian, banyak perusahaan tambang yang beroperasi wilayah ini dan pada ujungnya mampu menggerakkan roda perekonomian.

“Aktivitas korporasi tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama terkait pemanfaatan sumber daya alam dan aktifitas bisnis lainnya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Menurutnya, pada kota-kota tersebut perkembangan sektor properti mulai tumbuh secara signifikan kurang dari 5 tahun terakhir ini. Selain perumahan, pengembangan sektor retail dan hotel mendominasi pasar properti.

“Pertumbuhan sektor properti masih dikontribusi terutama oleh pengembang lokal dengan skala pengembangan kecil sampai menengah,” kata dia.

Selain lima kota tersebut, ada sejumlah kota lain yang sudah memiliki pertumbuhan properti yang baik namun masih memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Kota-kota tersebut antara lain, Makassar, Balikpapan, Bali, Semarang, Yogyakarta, Solo dan wilayah Bodetabek.

Faktor yang membuat properti masih bisa tumbuh baik di kota-kota ini karena kinerja ekonomi yang berubah secara signifikan dalam 5 tahun-10 tahun terakhir. Hal ini direpresentasikan dengan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional.

Selain itu, pasar properti di kota-kota ini juga dinilai berkembang cukup agresif dalam dalam mengakomodasi pertumbuhan sektor bisnis, industri dan pariwisata.

“Hotel dan retail telah berkembang secara signifikan baik dari sisi jumlah dan kualitas pengembangan. Apartemen mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Dan beberapa pengembang real estate skala besar telah berkembang terlebih dahulu dalam kota-kota ini,” tandasnya.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!