Palangka Raya Siapkan Lapangan untuk Nonton Gerhana Matahari

redaksi.co.id - Palangka Raya Siapkan Lapangan untuk Nonton Gerhana Matahari , Palangka Raya - Momen gerhana matahari total 9 Maret 2016 mendatang diperkirakan akan melintasi...

61 0

redaksi.co.id – Palangka Raya Siapkan Lapangan untuk Nonton Gerhana Matahari

, Palangka Raya – Momen gerhana matahari total 9 Maret 2016 mendatang diperkirakan akan melintasi sejumlah lokasi di Kalimantan Tengah, termasuk Palangka Rraya. Momen yang hanya terjadi sekali dalam tiga ratus tahun melintasi di lokasi yang sama itu justru dikhawatirkan kurang meriah masih adanya ego sektoral antara pemerintah Provinsi Kelimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Wakil Walikota Palangkaraya Mofit Saptono Subagio mengatakan pemerintah Kota Palangka Raya sudah menggelar rapat terakhir dengan semua pihak, termasuk menyusun jadwal dan semua kegiatan akan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Sanaman Mantikei Palangka Raya.

Kami pusatkan di situ karena ada masukan dari Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah bahwa untuk melihat gerhana matahari total memerlukan titik pandang yang luas dan bebas. Dan Lapangan Sanaman Mantikei memungkinkan untuk itu, kata Mofit, di Palangka Raya, Rabu, 17 Febuari 2016.

Pemerintah Kota akan bekerjasama dengan sejumlah sanggar tari dan akan menyambungkan dengan even yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Kalteng. Mofit mendengar bahwa Pemprov Kalteng juga melakukan kegiatan yang sama, termasuk dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya. Saya berharap kegiatan yang dilakukan oleh ketiga insitusi ini bisa ada keterkaitan antara satu dengan lainnya, ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kalteng akan memusatkan kegiatan melihat momen gerhana matahari total berikut acara budayanya di Bundaran Besar Palangka Raya. Tak mau ketinggalan, Pemerintah Kota juga membuat acara sendiri yang mereka pusatkan di Lapangan Sepak Bola Sanaman Mantikei Palangkaraya. Dua tempat yang saling berjauhan dan berjarak sekitar 5 kilometer.

KARANA WW

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!