Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Sekolah Meksiko

redaksi.co.id - Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Sekolah Meksiko LONDON -- Lagu Indonesia Raya berkumandang mengiringi penghormatan kepada Bendera Merah Putih saat upacara penyambutan Dubes RI...

27 0

redaksi.co.id – Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Sekolah Meksiko

LONDON — Lagu Indonesia Raya berkumandang mengiringi penghormatan kepada Bendera Merah Putih saat upacara penyambutan Dubes RI untuk Meksiko Serikat Yusra Khan di Sekolah Colegio Indonesia di kota Coacalco, Meksiko.

Rangkaian kegiatan penghormatan bendera Indonesia dan Meksiko dipimpin Satuan Batalyon Infanteri Kementerian Pertahanan Nasional Negara Bagian Estado de Mexico tersebut dihadiri pelajar, guru, tenaga administrasi, dan orang tua murid sekolah Colegio Indonesia, serta pejabat Kementerian Pendidikan Publik Coacalco, negara bagian Estado de Mexico.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Kamis, mengatakan kehadiran Dubes Yusra Khan guna memenuhi undangan Kepala Sekolah Colegio Indonesia Yoxtalepetl Escamilla Olguin.

Kunjungan kerja Dubes Yusra Khan ke Colegio Indonesia untuk menjaga hubungan baik antara sekolah dan KBRI di Mexico City yang terbina sejak sekolah didirikan tahun 1979 memperkenalkan Indonesia di kalangan sekolah swasta dengan murid yang berjumlah sebanyak 327 orang.

Maribel Fuente Prado, wakil dari Kementerian Pendidikan Publik Coacalco, saat menyambut Dubes Yusra Khan menyampaikan apresiasi atas kedekatan hubungan antara sekolah dan KBRI.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah Yoxtalepetl Olguin yang menyampaikan siswa sekolahnya memiliki minat mengetahui lebih banyak tentang Indonesia, dan karenanya perlu mempergiat penyelenggaraan kegiatan bersama memperkenalkan Indonesia di sekolahnya.

Dalam sambutannya, Dubes Yusra Khan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kegigihan Kepala Sekolah Yoxtalepetl Olguin yang pernah mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-50 sebagai salah satu Teman Presiden RI tahun 1995 dalam memajukan sekolah Colegio Indonesia.

Keberadaan Colegio Indonesia di Meksiko secara tidak langsung telah meningkatkan pemahaman masyarakat Meksiko akan nama Indonesia, yang merupakan `pintu masuk’ membuka keinginan lebih mengenal segala aspek tentang Indonesia.

Dubes menyampaikan kesiapan mendukung rencana Kepala Sekolah Yoxtalepetl Olguin melakukan kegiatan bersama memperkenalkan Indonesia khususnya di lingkungan sekolah.

Kehadiran Dubes disambut pelajar Colegio Indonesia dan Dubes Yusra Khan menyambut ajakan pelajar berfoto bersama, termasuk foto selfie. Keeratan juga tampak dalam interaksi Dubes Yusra Khan dengan pelajar saat meninjau aktivitas belajar di kelas. Pelajar Colegio Indonesia bertanya mengenai lambang negara dan tempat pariwisata menarik di Indonesia.

Colegio Indonesia di Cocalco Estado de Mexico didirikan tahun 1979 oleh Isabel Olguin Romo merupakan satu-satunya sekolah swasta tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Pertama dengan nama Indonesia di Meksiko.

Sekolah didirikan atas dasar kecintaan Isabel Romo akan Indonesia, yang tumbuh saat ia mengajar di sekolah dasar negeri bernama Escuela de la Republica Indonesia di Tacuba, Mexico City yang peresmiannya dilakukan Presiden Soekarno tahun 1959.

Sejak didirikan, lebih dari 5.500 orang lulus dari sekolah yang aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan KBRI seperti peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Selain Colegio Indonesia, juga ada dua sekolah lain yang menggunakan nama Indonesia di Meksiko, yaitu sekolah dasar negeri Escuela de la Republica Indonesia di Tacuba, Mexico City dan sekolah dasar negeri Escuela de la Republica de Indonesia di Itzapalapa, Mexico City.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!