5 Kartu Merah Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola

259

redaksi.co.id – 5 Kartu Merah Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola

Kartu merah dalam sepak bola adalah momok. Tak ada pemain yang mau begitu saja terusir dari arena permainan karena menerima kartu merah.

Namun apa daya, sepak bola adalah olahraga yang penuh benturan keras dan melibatkan emosi. Karena itulah, para pemain tak jarang melakukan pelanggaran yang membuat mereka mendapat kartu merah. Tak peduli, berapa lama mereka sudah bermain dalam satu pertandingan.

Anda mungkin masih ingat, bagaimana Steven Gerrard diganjar kartu merah oleh wasit setelah dia menekel keras gelandang Manchester United, Ander Herrera. Dalam partai perpisahannya dengan Liverpool itu, Gerrard dikeluarkan setelah hanya 38 detik bermain.

Kartu merah yang diterima Gerrard itu ternyata bukan yang tercepat. Ya, ada lima pemain yang pernah menerima kartu merah, lebih cepat daripada Gerrard.

Seperti dilansir Four Four Two, berikut daftar lima pemain yang pernah menerima kartu merah tercepat.

5. Jetro Willems (PSV Eindhoven Vs NAC Breda) 29 detik

Pertandingan melawan NAC Breda di Eredivisie Liga Belanda mungkin tidak akan dilupakan bagi gelandang PSV Eindhoven, Jetro Willems. Ya, di pertandingan inilah, dia harus diusir wasit setelah menerima kartu merah, saat pertandingan baru berlangsung 29 detik!

Kartu merah itu diberikan wasit Kevin Blom setelah Willems dianggap menekel keras salah satu pemain NAC, Gill Swerts. Beruntung bagi PSV, kartu merah itu tak berdampak banyak karena mereka tetap menang 2-0.

Belakangan diketahui, keputusan Blom keliru. Dalam tayangan ulang, terlihat tekel Willems tak mengenai Swerts. Blom pun mengakui keputusannya itu salah.

4. Ruben Zadkovich (Perth Glory Vs Wellington Phoenix) 17 detik

Pertandingan memasuki menit 61, Perth Glory sedang unggul 2-0 atas Wellington Phoenix di pertandingan Liga Australia. Pelatih Perth, Kenny Lowe memasukan Ruben Zadkovich yang berposisi sebagai gelandang bertahan.

Maksudnya jelas, Lowe tentu ingin mengamankan kemenangan tersebut dengan menambah pemain bertipe bertahan. Tapi yang dibuat Zadkovich sebaliknya.

Alih-alih membantu tim, Zadkovich malah merugikan tim setelah terpaksa menerima kartu merah. Penyebabnya adalah tekel dua kaki yang dilancarkan Zadkovich pada salah satu pemain Wellington, Vince Lia.

Karena kartu merah itu, Zadkovich hanya 17 detik berada di dalam arena permainan. Phoenix sendiri tetap memenangkan pertandingan itu dengan skor 2-1.

3. Serge Djiehoua (Gylfadas Vs Olympiacos Volou) 7 detik

Memalukan. Kata itulah yang mungkin akan dilontarkan Serge Djiehoua soal debutnya bagi tim Divisi Tiga Liga Yunani, Gylfadas pada 2013 lalu.

Bagaimana tidak, striker asal Pantai Gading itu hanya melakukan debut selama 7 detik! Itu setelah Djiehoua dianggap menyikut salah satu pemain lawan.

Kejadian sendiri bermula di menit 82, Djiehuoa dimasukkan pelatihnya agar bisa membantu tim yang sedang tertinggal 1-3, tepat setelah gol ketiga itu tercipta. Pemain berusia 30 tahun itupun melakukan kick off dan berlari ke daerah lawan.

Dalam perebutan bola, entah sengaja atau tidak, ayunan tangan Djiehoua mendarat di wajah lawannya. Wasit pun menganggap tindakan itu disengaja dan mengganjar Djiehoua dengan kartu merah.

Tak percaya dengan hal itu, Djiehoua pun hanya bisa tertawa sembari berjalan keluar lapangan.

2. Matt McClure (Tranmere Vs Wycombe) 3,7 detik

Manajer Wycombe, Gareth Ainsworth tak bisa menahan kesal usai pertandingan melawan Tranmere di League Two (Kasta Ketiga Liga Inggris). Dia murka lantaran wasit menghadiahi salah satu pemainnya, Matt Mclure dengan kartu merah.

Cerita bermula saat Ainsworth memasukkan Matt McLure di menit 67. Wycombe sedang unggul 2-1. Kiper Tranmere melakukan tendangan gawang.

McLure pun berduel dengan pemain Tranmere, Adam Dugdale untuk memperebutkan bola tersebut. Usai duel, Dugdale terjatuh sambil menutupi wajahnya.

Tiba-tiba wasit meniup peluit. Ia lalu mengeluarkan kartu merah untuk McClure yang dianggap telah menyikut Dugdale. Setelah melakukan protes, McLure berjalan gontai keluar lapangan.

Total, dia hanya bermain 3,7 detik. “Saya pikir dia lengannya memang mengenai wajah lawan, tapi dia tidak bermaksud menyikut. Klub akan senang dengan rekor ini,” kata Ainsworth menyindir.

1. Keith Gillespie (Reading Vs Sheffield United) 0 detik

Catatan kartu merah tercepat terjadi di Liga Inggris musim 2007. Adalah Keith Gillespie, pemain Sheffield United yang membuat rekor tersebut.

Gillespie membuat rekor kartu merah tercepat bahkan saat dia belum berkeringat dan menyentuh bola.

Gillespie dimasukkan pelatihnya menggantikan Derek Geary saat Sheffield hendak melakukan lemparan ke dalam. Lemparan belum dilakukan, Gillespie sudah menyikut pemain Reading, Stephen Hunt.

Wasit yang melihat kejadian itu tanpa kompromi langsung memberikan Gillespie kartu merah. Secara teknis, waktu bermain Gillespie belum ada alias 0 detik. Kartu merah Gillespie ternyata memancing keributan antara pemain dari kedua kesebelasan juga para staf tim.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!