NASA dan Peru Uji Coba Kentang Budi Daya di Mars, Berhasilkah?

redaksi.co.id - NASA dan Peru Uji Coba Kentang Budi Daya di Mars, Berhasilkah? , Lima - Sebanyak 4.500 jenis kentang menjalani tes untuk menentukan apakah...

11 0

redaksi.co.id – NASA dan Peru Uji Coba Kentang Budi Daya di Mars, Berhasilkah?

, Lima – Sebanyak 4.500 jenis kentang menjalani tes untuk menentukan apakah tanaman itu dapat tumbuh di planet Mars. Eksperimen perintis itu sedang dilakukan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bekerja sama Pusat Ubi Kentang Internasional Peru (CIP).

Semua jenis kentang yang dipilih datang dari zona ekologi berbeda dan mampu bertahan dengan perubahan iklim secara tiba-tiba. Astrobiologist Nasa, Julio Valdivia Silva mengatakan, kentang yang lulus tes harus memenuhi sejumlah kriteria akhir.

Kriteria tersebut yaitu bukan hanya mampu tumbuh dengan baik di Mars tapi dapat diproduksi ulang dalam jumlah besar. “Kami hampir 100 persen yakin bahwa banyak kentang yang dipilih akan lulus tes,” katanya, seperti yang dilansir IB Times pada 19 Februari 2016.

Tanah di La Joya Pampas, sektor Gurun Atacama di selatan Peru yang dianggap salah satu tempat paling kering di bumi, sangat mirip dengan kawasan yang ditemukan di Planet Merah. Percobaan tersebut dikatakan memakan waktu satu sampai dua tahun.

Dalam tahun-tahun mendatang, NASA berencana membangun pusat penelitian Mars di gurun Peru. Diketahui, penelitian berkenaan diharap dapat membantu masalah kekurangan makanan, mengurangi tingkat kemiskinan, dan mencapai keamanan pangan pada masa mendatang.

Para ilmuwan sebelumnya telah berhasil memproduksi sayuran semacam selada, tanaman pertama yang tumbuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Bulan lalu, para astronot memamerkan bunga pertama yang tumbuh di luar angkasa, yakni zinnia oranye.

IB TIMES | THE JOURNAL | YON DEMA

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!