Agus Rahardjo Janji Mundur Bila Revisi UU KPK Dilakukan

redaksi.co.id - Agus Rahardjo Janji Mundur Bila Revisi UU KPK Dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan akan mundur dari kursi pimpinan lembaga anti-rasuah...

27 0

redaksi.co.id – Agus Rahardjo Janji Mundur Bila Revisi UU KPK Dilakukan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan akan mundur dari kursi pimpinan lembaga anti-rasuah tersebut apabila Revisi UU No 30 tahun 2002 tentang KPK tetap dilakukan.

“Saya pribadi bersedia mengundurkan diri kalau revisi UU KPK tetap dilakukan. Saya orang pertama yang akan mengajukan pengunduran diri,” kata Agus dalam acara diskusi Pemberantasan korupsi bersama tokoh agama di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Minggu (21/2/2016).

Kalaupun mau direvisi, menurut Agus, sebaiknya yang dirubah adalah nama lembaga, yang tadinya komisi pemberantasan korupsi menjadi korupsi pemberantasan maling.

Karena menurutnya, Korupsi di Indonesia hanya bisa diberantas dengan langkah konkret.

“Ke depan kalau mau merevisi, sebaiknya menjadi komisi pemberantasan maling,” katanya.

Pernyataan Agus tersebut terlontar setelah ditantang oleh pegiat anti Korupsi Romo Benny Susetyo.

Benny menantang keberanian seluruh pimpinan dan karyawan KPK untuk mundur apabila revisi UU KPK tetap dilanjutkan.

“Kami harap pimpinan KPK kalau UU tetap direvisi, semua bersedia mundur bersama karyawannya. Kita pasang badan,” ujar Benny dalam diskusi tersebut.

Menurut Benny satu-satunya cara agar revisi UU KPK berhenti dibahas adalah melalui tekanan publik.

Pasalnya anjuran pemuka agama sudah tidak mempan mengehentikan pembahasan tersebut.

“Satu-satunya cara yakni dengan tekanan publik, Kekuatan yang bisa menghentikan pembahasan adalah opini publik. Kita harus kompak dan berdiri bersama-sama tolak revisi UU KPK. Kita harus lawan, lawan dan lawan!” tegas Benny.

Agus tampaknya tidak basa-basi menyatakan kesiapan mundur apabila revisi ngotot dilakukan.

Usai acara simbolis melepas burung merpati sebagai simbol perlawanan terhadap Korupsi di depan gedung Muhammadiyah, Agus kembali menyatakan jika ucapannya sungguh sungguh.

“Iya tadi sebagai jawaban apa yang diminta Romo Benny , kalau revisi dilakukan seluruh pimpinan KPK mundur, ya saya orang pertama yang melakukan dan mengatakan itu,” kata Agus sebelum meninggalkan gedung PP Muhammadiyah.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!