Jokowi Tegur Menteri Jarang Gunakan Produk Lokal

redaksi.co.id - Jokowi Tegur Menteri Jarang Gunakan Produk Lokal JAKARTA. Presiden Joko Widodo menginstruksikan kementerian atau lembaga serta BUMN untuk meningkatkan penggunaan produk lokal alias tingkat...

17 0

redaksi.co.id – Jokowi Tegur Menteri Jarang Gunakan Produk Lokal

JAKARTA. Presiden Joko Widodo menginstruksikan kementerian atau lembaga serta BUMN untuk meningkatkan penggunaan produk lokal alias tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Pasalnya, selama ini masih banyak kementerian/lemabaga serta perusahaan pelat merah yang lebih mengutamakan produk-produk asing.

“Beberapa kali pantauan saya, masih ada beberapa kementerian yang pengadaan barang dan jasanya masih menggunakan barang-barang impor,” kata Presiden Jokowi ketika membuka rapat terbatas dengan adenda lanjutan pembahasan TKDN di Kantor Kepresidenan, Selasa (23/2).

Ia menambahkan, selain kementerian, perusahaan BUMN juga masih mengandalkan produk impor saat ini. “Dalam pelaksanaannya masih banyak BUMN yang masih menggunakan produk bukan dari dalam negeri,” katanya.

Padahal, menurut Presiden, peningkatan TKDN perlu didorong implementasinya karena banyak manfaat yang bisa diperoleh. Misalnya, mengurangi beban biaya atawa efesiensi, perkuatan industri dalam negeri, serta memperluas lapangan kerja.

“Saya selalu mengingatkan untuk mengunakan produk dalam negeri, terutama pengadaaan barang/jasa oleh pemerintah, kami ingin beban biaya dikurangi. Tidak perlu impor sehingga dapat meningkatkan daya saing kita,” kata Presiden.

Dalam rapat terbatas tersebut, Presiden meminta pemaparan dari masing-masing sektor seperti Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN terkait implementasi TKDN secara lengkap.

Turut hadir dalam rapat ini antara lain, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Artikel Menarik Lainnya:

Enam Ibu Negara Paling Cantik di Asia

Wawancara Daeng Aziz Soal Pelacuran Kalijodo

Kesaksiaan Pria Korban Pelecehan di Transjakarta

11 Destinasi yang Berhubungan dengan Piala Oscar

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!