Bandara Paling Berbahaya di Dunia

redaksi.co.id - Bandara Paling Berbahaya di Dunia Pesawat terbang merupakan salah satu sarana transportasi pilihan untuk tujuan jarak jauh. Di samping itu juga, jenis transportasi ini...

17 0

redaksi.co.id – Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Pesawat terbang merupakan salah satu sarana transportasi pilihan untuk tujuan jarak jauh. Di samping itu juga, jenis transportasi ini juga adalah salah satu yang paling beresiko.

Sehingga, keamanan dan keselamatan menjadi aspek nomor satu di jenis transportasi ini. Begitu juga dengan sarana penunjang, yaitu bandar udara (bandara). Bandara harus dibangun dengan memenuhi standar keselamatan.

Lokasi pun menjadi perhatian yang penting. Ada yang menyebut bahwa bandara tidak boleh dibangun di dekat permukiman warga, karena berbahaya. Dan beberapa aturan lain yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan.

Namun, apa jadinya jika bandara dibangun di dekat pemukiman, atau landasan pacu dari bandara tersebut menjorok ke lautan atau di atas pegunungan es? atau lokasi-lokasi lain yang membuat bulu kuduk berdiri kala ingin mendarat?.

Ada sejumlah bandara yang dikelompokkan menjadi 10 bandara yang paling berbahaya di dunia. Seperti dilansir dari situs How Africa, Senin (22/2/2016), berikut daftarnya:

1. Saba Airport

Bandara Saba atau yang juga dikenal dengan nama Juanco E Yrausquin Airport di Kepulauaun Karibia Belanda ini punya landasan pacu (runway) terpendek di dunia.

Panjangnya hanya 400 meter, sehingga bandara ini dikenal dengan bandara dengan runway paling berbahaya di dunia. Selebihnya adalah hamparan lautan biru. Harus pilot yang benar-benar handal yang bisa mendaratkan pesawatnya di sini.

2. Toncontin Airport

Bandara yang terletak di Honduras ini berlokasi di titik yang cukup berbahaya. Pilot harus melewati pegunungan baru bisa mendaratkan pesawatnya di bandara ini. Bandara ini berada di perbukitan dengan ketinggian 1.004 meter di atas permulaan laut.

Saat hendak mendarat, pesawat harus berbelok 45 derajat untuk benar-benar mencapai lokasi pendaratan di landasan sepanjang 7.000 kaki ini.

3. LaGuardia New York City

Jika mendarat di bandara ini, penumpang bakal disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Namun bandara ini dinilai pilot berbahaya. Kala mendarat, pilot harus benar-benar hati-hati karena harus menghindari pesawat dari dua bandara di dekatnya, JFK dan Newark.

4. Courchevel International Airport, Prancis

Bandara di Prancis ini juga termasuk bandara dengan runway terpendek di dunia, yaitu hanya 525 meter.

5. Wellington International SSirport, New Zealand

Dengan hanya satu landasan dengan panjang 6.351 kaki, bandara ini masuk dalam salah satu daftar bandara paling berbahaya di dunia. Kedua ujung dari landasan ini langsung berhubungan dengan perairan.

6.Kai Tak Airport Hong Kong

Salah satu bandara dengan landasan berbahaya ini salah satunya karena angin kencang dan dikelilingi oleh pegunungan juga gedung.

7. Lukla Airport

Bandara ini kini berganti nama menjadi Tenzing Hillary Airport untuk memberikan penghargaan pada dua orang yang menaklukkan Gunung Everest. Wisatawan yang mengunjungi gunung tertinggi di dunia tersebut kebanyakan mendarat di bandara ini.

Landasan bandara ini sangat pendek. Yang mencengangkan lagi, bandara ini beroperasi di ketinggian 2.438 meter di atas permukaan laut, dan tidak memiliki air traffic control (ATC) yang modern. Pencahayaan di bandara ini juga sangat minim.

8. Bandara Antartika

Ini adalah bandara terdingin di dunia. Kenapa? karena bandara ini berada di atas permukaan es dan salju. Tantangan terberat sanga pilot adalah mendaratkan burung besi dengan berat ratusan ton ke permukaan es.

Berat dari pesawat masing-masing harus diperiksa untuk menghindari retakan runway atau pesawat tersangkut di salju.

9. Juliana International Airport, Kepulauan Karibia

Salah satu bandara tersibuk di dunia. Untuk mendaratkan pesawat di sini, pilot harus melewati pantai yang ramai wisatawan, melintasi pagar dan jalan kemudian baru runway.

Wisatawan di pantai bisa merasakan pesawat tepat berada di atas kepala mereka, karena itu bandara ini adalah bandara paling berbahaya di dunia.

10. Paro Airport, Pegunungan Himalaya, Butan

Ini adalah bandara paling berbahaya di dunia versi situs How Africa. Hanya 8 pilot yang bisa mendaratkan pesawat di sini, kedelapan pesawat tersebut tentu telah memenuhi syarat dan keterampilan khusus.

Bandara ini berada 1,5 mil di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh puncak pegunungan dengan ketinggian 18.000 kaki.

Runway dari bandara ini memiliki panjang 6.500 kaki, salah satu yang terpendek, lebih pendek dari ketinggiannya di atas laut. Penumpang pesawat pasti merasakan adrenalin yang berbeda kala mendarat atau lepas landas di bandara ini. (Zul/Ndw)

Artikel Menarik Lainnya:

7 Miliarder Muda Terkaya di Dunia

Curahan Hati Marbot Masjid di Kalijodo

Daeng Azis Akan Dipanggil Sebagai Tersangka

Syarat yang Diminta Mourinho ke MU

FOTO Kezia Roslin Putri Indonesia 2016

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!