Rencana Obama Menutup Guantanamo akan Diajukan ke Kongres

redaksi.co.id - Rencana Obama Menutup Guantanamo akan Diajukan ke Kongres Pentagon berencana mengajukan proposal mengenai penutupan penjara Guantanamo pada Selasa (23/2). Rencana yang telah digaungkan Presiden...

34 0

redaksi.co.id – Rencana Obama Menutup Guantanamo akan Diajukan ke Kongres

Pentagon berencana mengajukan proposal mengenai penutupan penjara Guantanamo pada Selasa (23/2). Rencana yang telah digaungkan Presiden Barack Obama sejak masa awal kepresidenannya selama ini telah mendapat penentangan dari banyak pihak.

Seperti dilansir Aljazirah, Obama nampaknya ingin merealisasikan janjinya untuk menutup Guantanamo sebelum meninggalkan kantornya pada Januari mendatang. Juru bicara Pentagon Kaptern Jeff Davis mengatakan, pemerintah akan mengajukan ini memenuhi batas waktunya pada Selasa.

“Kami memahami batas waktu besok dan itu niat kami untuk memenuhi itu,” kata Davis, pada Senin (22/2).

Masih ada 91 tahanan yang tersisa di Guantanamo. Para pejabat Amerika Serikat mengatakan rencana itu akan mencakup pengiriman 35 tahanan yang akan ditransfer baik ke negara asal maupun ke negara ketiga.

Sisanya akan dibawa kembali ke AS dan di penjara dengan keamanan maksimum. Kongres telah melarang transfer tersebut ke AS sejak 2011.

Rencana ini juga mencakup bagaimana menghadapi tentara Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang tertangkap ke depan. Para pejabat Pentagon telah mensurvei sejumlah penjara federal sebagai alternatif.

Termasuk di antaranya di Florence, Colorado, penjara militer di Fort Leavenworth, Kansas, dan penjara Angkatan Laut di Charleston, South Carolina.

Penjara dibuka pada 2002, oleh mantan Presiden Partai Republik George W Bush. Penjara Guantanamo menjadi rumah bagi tahanan asing setelah serangan 11 September.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!