Kenapa Jendela Pesawat Berbentuk Lingkaran? Ini Jawabannya

174

redaksi.co.id – Kenapa Jendela Pesawat Berbentuk Lingkaran? Ini Jawabannya

, London Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa jendela pesawat terbang berbentuk oval atau lingkaran? Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele, tapi bentuk dari sebuah jendela pesawat memiliki peran yang sangat penting.

Di masa lalu, jendela berbentuk persegi empat sangat populer dan banyak desain pesawat terbang jaman dulu yang memakainya.

Meski begitu, menjelang era 1950-an, pesawat terbang komersial mulai bermunculan dan pada saat itu pula masalah terkait bentuk jendela tersebut mulai terkuak.

Pesawat-pesawat baru pada masa itu bisa terbang dengan kecepatan dan dengan altitude lebih tinggi dibandingkan pesawat-pesawat dari generasi sebelumnya.

Tapi, dua dari pesawat baru tersebut pecah di angkasa dan semua itu disebabkan bentuk jendela yang persegi empat.

Ini mungkin terdengar janggal, tapi semua kecelakaan tersebut disebabkan oleh sudut tajam yang terdapat pada jendela yang berbentuk persegi.

Sudut-sudut tajam ini merupakan titik lemah dan cenderung mengalami tekanan dan menjadi rapuh oleh perubahan tekanan udara sehingga hal itu menjadi awal dari sebuah bencana dalam penerbangan.

Sebaliknya, jendela berbentuk lingkaran atau melengkung tak memiliki titik fokus sehingga mendistribusikan tekanan secara merata. Karenanya, kemungkinan retak atau pecah menjadi jauh lebih kecil.

Jendela berbentuk lingkaran juga lebih kuat dan bisa tahan terhadap perubahan bentuk sehingga jauh lebih baik menghadapi perbedaan esktrem dari tekanan udara.

THE SUN | A. RIJAL

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!