7 Atlet yang Kehilangan Kontrak Milyaran Rupiah

redaksi.co.id - 7 Atlet yang Kehilangan Kontrak Milyaran Rupiah Pernyataan kontroversial petinju Manny Pacquiao yang menyebut gay dan lesbian lebih buruk dari hewan berbuntut panjang pada...

38 0

redaksi.co.id – 7 Atlet yang Kehilangan Kontrak Milyaran Rupiah

Pernyataan kontroversial petinju Manny Pacquiao yang menyebut gay dan lesbian lebih buruk dari hewan berbuntut panjang pada karier komersialnya.

Setelah Nike memutus kontrak iklannya, kini beberapa merek lain yang mengusungnya pun ikutan memutus kontrak, termasuk di antaranya merek minuman alkohol terkenal Hennesy.

Selain Manny ‘Pacman’, terdapat beberapa atlet kenamaan lainnya yang diputus kontrak komersialnya karena tindakan yang kontroversial. Siapa saja mereka? Di bawah ini adalah daftar lengkapnya.

Lance Armstrong

Akibat kasus doping, juara tujuh kali balap sepeda Tour de France itu kehilangan hampir seluruh kontrak komersialnya yang diperkirakan senilai 150 juta dollar AS atau sekitar Rp 2.02 triliun.

Ronaldinho

Dalam sebuah konferensi pers klub Atletico Mineiro pada 2012 silam, Ronaldinho tertangkap kamera meminum sekaleng Pepsi. Ketika ketahuan oleh Coca Cola, kontrak komersialnya pun diputuskan.

Namun perusahaan minuman berkarbonasi terbesar di dunia itu berdalih bahwa pemutusan tersebut merupakan sanksi akibat kasus asusila sang bintang yang kebetulan terjadi dalam waktu berdekatan.

Mike Tyson

Pepsi adalah merek pertama yang memutus kontrak komersial Mike Tyson pasca terungkapnya kasus penganiayaan terhadap mantan istrinya, Robin Givens, pada 1988 silam. Selanjutnya, merek-merek lain yang mengontraknya pun turut memutuskan hal serupa, seperti Kodak dan Nintendo.

Kobe Bryant

Mantan legenda klub basket LA Lakers ini terpaksa menelan pil pahit pasca menguaknya kasus pelecehan seksual di tahun 2003 lalu.

Seketika juga, empat merek rakasa yang mengontraknya, langsung memutuskan jalinan kerja sama. Keempat merek tersebut adalah McDonald’s, Nutella, Turkish Airlines, dan Lenovo.

Tiger Woods

Kasus adiksi berlebih Tiger Woods terhadap seks bisa jadi merupakan skandal olahragawan yang paling banyak dibicarakan di akhir dekade 2000-an awal. Setelah istrinya, Elin Nordegren, resmi menceraikannya, giliran seluruh merek internasional yang mengontraknya pun turut pergi.

Michael Phelps

Akibat tertangkap kamera mengonsumsi narkoba, perenang asal Amerika Serikat tersebut harus merelakan hampir seluruh kontrak komersialnya dicabut. Padahal kontrak-kontrak tersebut belum lama ia dapatkan.

Luis Suarez

Pesepakbola asal Uruguay tersebut terpaksa kehilangan kontrak senilai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 13,5 miliar) dari Adidas. Penyebabnya tidak lain adalah kasus gigit-menggigit pada pesepakbola Italia, Giorgio Chiellini, pada ajang Piala Dunia 2014 lalu di Brazil.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!