Laporan Pertandingan: Arsenal 0-2 Barcelona

156

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Arsenal 0-2 Barcelona

Barcelona meraih kemenangan krusial atas Arsenal dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (23/2) dini hari WIB. Blaugrana unggul 2-0 di Emirates Stadium lewat sepasang gol Lionel Messi, meringankan tugas mereka di Camp Nou.

Babak Pertama

Arsenal tampil eksplosif di menit awal pertandingan. Mereka memanfaatkan lebar lapangan dengan baik untuk melakukan serangan cepat, sementara Mesut Ozil mendistribusikan bola ke celah yang terbuka.

Olivier Giroud nyaris menciptakan assist untuk Alexis Sanchez, tetapi Jordi Alba memotong bola tepat sebelum sampai ke kaki sang winger Cile. Arsene Wenger menerapkan skema yang mirip ketika menghadapi Bayern Munich di awal kompetisi.

Ledakan Arsenal ternyata tidak bertahan lama. Setelah serangan kejutan mereka gagal, Barcelona gantian mendominasi pertandingan. Mereka memainkan umpan-umpan pendek, mencoba membuka ruang dengan pergerakan liar Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Namun pertahanan Arsenal cukup disiplin dan tidak menciptakan ruang kosong.

Di menit 22, Arsenal kembali meledak lewat serangan balik. Memanfaatkan kecepatan Sanchez dan Alex-Oxlade Chamberlain, Arsenal membawa bola ke depan. Ozil mendapatkan bola dari operan Chamberlain, lalu memberikan pada Hector Bellerin yang langsung menembak.

Aksi ini berhasil diblok, tetapi bola rebound jatuh ke hadapan Chamberlain. Sayang, sang winger tak mampu memanfaatkan peluang terbuka. Tembakannya mengarah tepat ke pelukan Marc-Andre ter Stegen.

Tampuk dominasi kembali ke kaki Barcelona, tetapi The Gunners tampil sangat disiplin. Dribel Neymar sempat membuahkan operan cantik pada Ivan Rakitic di dalam kotak penalti. Bola dilanjutkan kepada Messi, tetapi Aaron Ramsey berhasil memblokir tendangan La Pulga .

Suarez nyaris membobol gawang Petr Cech jelang jeda, tetapi tandukan sang penyerang, yang bermula dari umpan silang Dani Alves, meleset tipis di samping gawang.

Babak Kedua

Arsenal sedikit mengendurkan pertahanan mereka setelah turun minum dan ini nyaris berakibat fatal. Andres Iniesta berhasil menemukan celah sempit, lalu memberikan bola pada Neymar yang berlari ke kotak penalti.

Sang penyerang Brasil hanya tinggal berhadapan dengan Cech, namun sang kiper sukses memblokir eksekusi sang penyerang.

Serangan balik Arsenal sedikit teredam di babak kedua. Blaugrana lebih pandai memotong alur serangan cepat Gunners , tepat sebelum bola menjangkau kedua sayap.

Pasukan Wenger sedikit kesulitan menciptakan peluang, sementara Messi dkk semakin sering menemukan celah di pertahanan tuan rumah.

Di menit 60, Arsenal nyaris menciptakan gol lewat Olivier Giroud. Nacho Monreal melambungkan umpan silang ke kotak penalti, lalu Giroud menanduknya. Bola mengarah tepat ke sudut gawang, tetapi Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang dan membelokkan jalur bola. Sang penjaga gawang tampil begitu solid di Emirates.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit 71. Barcelona sukses menjebol gawang Arsenal dan uniknya, mereka menggunakan skema serangan balik. Gunners sepertinya terlalu asyik menyerang sampai lupa bertahan.

Neymar, Suarez, dan Messi berkombinasi dengan baik dalam serangan ini. Sebagai penutup, Neymar yang dikepung dua orang memberikan bola pada Messi yang berdiri bebas, langsung menaklukkan Cech.

Situasi makin buruk bagi Arsenal setelah gol tersebut. Serangan balik Barcelona ternyata mematikan dan Suarez nyaris memaksimalkan peluang dari Messi seandainya bola tidak membentur mistar.

Adapun di menit akhir, Barcelona sukses menggandakan keunggulan. Pelanggaran dilakukan oleh Mathieu Flamini kepada Messi di kotak penalti, wasit menunjuk titik putih, lalu La Pulga sendiri yang jadi algojo dalam menaklukkan Cech.

Susunan Pemain

Arsenal : Cech; Bellerin, Koscielny, Mertesacker, Monreal; Coquelin, Ramsey; Ox, Ozil, Sanchez; Giroud

Barcelona : Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Rakitic, Iniesta, Busquets; Neymar, Suarez, Messi

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!