Jika Dipecat MU Sekarang, Van Gaal Dapat Kompensasi Rp 186 Miliar

redaksi.co.id - Jika Dipecat MU Sekarang, Van Gaal Dapat Kompensasi Rp 186 Miliar Inikah alasan di balik "keengganan" manajemen Manchester United (MU) memecat pelatih Louis Van...

20 0

redaksi.co.id – Jika Dipecat MU Sekarang, Van Gaal Dapat Kompensasi Rp 186 Miliar

Inikah alasan di balik “keengganan” manajemen Manchester United (MU) memecat pelatih Louis Van Gaal? Seperti dilaporkan The Sun, MU harus membayar kompensasi sebesar 10 juta pound sterling (sekitar Rp 186 miliar) jika melengserkan pelatih asal Belanda itu, sekarang.

Hal tersebut memang seperti yang tercantum dalam salah satu klausul kontrak Van Gaal bersama Setan Merah. Kontrak Van Gaal sendiri masih tersisa satu tahun lagi bersama klub yang bermarkas di Old Trafford itu.

Van Gaal, belakangan ini memang terus berada dalam tekanan lantaran buruk performa MU. Sebelum mengalahkan klub League One, Shrewsbury Town, 3-0 di Piala FA, Minggu (22/2/2016) MU hanya mencetak empat kemenangan dalam 18 laga terakhir.

Hasil buruk ini membuat MU tersingkir dari ajang elite Liga Champions dan perburuan gelar Liga Primer Inggris. MU saat ini berada di posisi kelima dengan 41 poin. Jumlah poin mereka itu berselisih enam dengan Manchester City, yang berada di urutan keempat, batas akhir zona Liga Champions.

Untung, di luar Liga Inggris, MU masih punya peluang juara di dua ajang. Di Piala FA, kemenangan atas Shrewsbury, mengantarkan MU ke putaran keenam. MU juga punya peluang di Liga Europa, meski di laga pertama kalah 1-2 dari FC Midtjylland.

Namun, ada yang menduga, hal ini adalah bagian dari stretegi manajemen MU. Mereka tak mau mengeluarkan uang 10 juta pound sterling sekarang, dengan memecat Van Gaal.

Manajemen MU tampaknya akan menunggu sampai peluang MU tertutup untuk meraih tiket ke Liga Champions musim depan, baru memecat Van Gaal. Sebab, dengan begitu, kompensasi yang harus mereka bayarkan kepada mantan pelatih Ajax Amsterdam itu akan jauh lebih kecil.

Kondisi seperti ini pernah terjadi di era pelatih sebelumnya, David Moyes, tepatnya di musim 2013/14. Ketika itu, manajemen MU sudah hilang kesabaran untuk memecat Moyes, karena buruknya performa Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Namun, mereka bersabar, menunggu hingga kans MU tampil di Liga Champions musim selanjutnya benar-benar tertutup. Alhasil, MU hanya perlu membayar kompensasi 5,2 juta pound kepada Moyes.

© Manajer Manchester United asal Belanda, Louis van Gaal. (AFP/Oli Scarff) louis van gaal

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!