Mesin Mobil Rio Seperti Milik Hamilton

redaksi.co.id - Mesin Mobil Rio Seperti Milik Hamilton Tim Manor Racing akhirnya memperkenalkan mobil MRT05. Peluncuran mobil yang akan dikendarai oleh pebalap Jerman, Pascal Wehrlein, dan...

25 0

redaksi.co.id – Mesin Mobil Rio Seperti Milik Hamilton

Tim Manor Racing akhirnya memperkenalkan mobil MRT05. Peluncuran mobil yang akan dikendarai oleh pebalap Jerman, Pascal Wehrlein, dan pebalap Indonesia, Rio Haryanto di balapan F1 2016 itu digelar sebelum tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Senin (22/2).

Dari beberapa gambar yang beredar, mobil MRT05 yang akan dikendarai Rio itu didominasi warna biru, dipadu dengan warna merah, putih, dan hitam. Mobil tersebut berkelir biru, merah dan hitam. Jet darat ini masih polos tanpa sponsor utama. Hanya sponsor asal Indonesia, Pertamina yang terpampang di bagian depan dengan ukuran kecil.

Manor percaya mobil baru ini bisa tampil kompetitif. “Ini adalah mobil yang pernah kami luncurkan. Paling ambisius dan agresif,” ujar Direktur Teknik Manor Racing, John McQuilliam. Quilliam juga menjamin MRT05 lebih maju dan paling signifikan dibanding musim lalu. “Performa mobil lebih baik dibanding tahun lalu. MRT05 lebih stabil,” sambung Quilliam dilansir dari Autosport.

Menurutnya, bukan perkara mudah mengembangkan MRT05. “Tapi ini menjadi mimpi satu paket 154 karyawan Manor Racing yang telah bekerja sangat keras untuk membangun mobil ini,” sambung Quilliam.

Dari informasi yang dilansir berbagai sumber, MRT05 disebut merupakan kolaborasi antara dua produsen besar, yakni Mercedes-Benz untuk mesin, dan transmisi dari Williams Advanced Engineering. Manor Racing juga memastikan bahwa powertrain untuk mobil ini berasal dari Mercedes-Benz, 1,6 V6 Turbo.

Mesin Mercedes 1,6 V6 Turbo sendiri merupakan mesin yang juga dipakai pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Direktur Pelaksana Mercedes-AMG HPP(High Perfoemance Powertrain), Andy Cowell selaku pembangun mesin Formula 1 menyatakan, delapan mobil di grid F1 dengan mesin Mercedes akan mendapat peranti keras yang sama dengan yang dipakai tim utama Mercedes AMG sejak seri pertama di Melbourne. Artinya, mesin mobil Rio sama persis dengan mesin di mobil Hamilton dan Rosberg.

“Sekarang seluruh konsumen kami mendapatkan paket mesin yang lebih baik dan sama dengan yang dipakai tim utama kami. Total delapan mobil yang memakai mesin Mercedes Benz akan mendapatkan seluruh potensi dari mesin kami menuju balapan pertama di Melbourne,” terang Cowell.

Musim lalu, Mercedes baru memberikan mesin dengan pembaruan menjelang GP Italia di Monza. Williams, Force India, dan Lotus yang menjadi customer Mercedes pada tahun lalu, juga tak mendapat pembaruan mesin tambahan di beberapa seri terakhir. Sebabnya adalah terbatasnya sumber daya di pabrik mesin Mercedes di Brixworth.

Namun sekarang, Williams, Force India, serta Manor yang menjadi pelanggan baru mesin Mercedes, langsung mendapat mesin anyar begitu membalap di Melbourne. “Kami baru punya sumber daya yang memadai untuk menyupali tim-tim customer dengan spek terbaru ya saat ini,” kata Cowell seperti dilansir Autosport.

Cowell juga membantah akan meminta bayaran lebih jika nantinya seorang pebalap membutuhkan mesin tambahan di tengah musim karena mengalami kerusakan. Dengan 21 seri dalam satu musim, aturan F1 memperbolehkan seorang pebalap menggunakan alokasi mesin hingga lima unit. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya 18 seri, dimana alokasi mesin maksimal hanya empat unit. Jika seorang pembalap menggunakan mesin lebih dari alokasi yang diperbolehkan, penalti akan dijatuhkan.

“Target ketahanan mesin kami tetap sama, yakni satu mesin untuk setidaknya lima seri. Dengan demikian, secara teori kami hanya butuh empat mesin per musim untuk masing-masing pebalap,” ucapnya. Dengan target tersebut, Mercedes berharap satu mesin ekstra tersebut bisa disimpan untuk balapan-balapan kunci seandainya terjadi kerusakan parah di tengah musim.

Rio sendiri sebelumnya mengaku tak sabar untuk segera menjajal mobil MRT05. “Manor telah membuat paket mobil yang hebat dan saya tak sabar untuk masuk ke dalamnya,” tutur pebalap asal Solo tersebut.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!