Ekonomi Global Sedang Lesu, Sampai Kapan? JK: Tidak Ada Yang Bisa Jawab

redaksi.co.id - Ekonomi Global Sedang Lesu, Sampai Kapan? JK: Tidak Ada Yang Bisa Jawab Kondisi ekonomi global beberapa tahun terakhir sedang lesu. Efeknya ikut menghantam perekonomian...

28 0

redaksi.co.id – Ekonomi Global Sedang Lesu, Sampai Kapan? JK: Tidak Ada Yang Bisa Jawab

Kondisi ekonomi global beberapa tahun terakhir sedang lesu. Efeknya ikut menghantam perekonomian Indonesia. Menurut Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Indonesia termasuk yang terkena dampaknya.

Dalam sambutannya di acara “The Economist,” di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2016), Jsuuf Kalla mengatakan pelemahan tersebut ikut melanda Indonesia. Salah satu penyebabnya karena perekonomian Indonesia selama ini sebagian besarnya ditopang oleh ekspor komoditas.

Ekonomi dunia yang lesu membuat permintaan terhadap sejumlah jenis komoditas Indonesia seperti perkebunan dan tambang ikut berkurang. Harga jualnya ikut jatuh,

“Sampai kapan situasi (pelemahan) ini akan terjadi? Tidak ada yang bisa menjawab hal itu. Tapi intinya kami mempersiapkan diri terhadap situasi paling buruk dan paling baik sekalipun,” ujar Jusuf Kalla.

Menurutnya, pelambatan yang melanda Indonesia menurutnya masih relatif lebih baik bila dibandingkan negara lain. Indonesia masih bisa mencapai pertumbuhan 5 persen, di tengah situasi sulit ini.

“Dari sisi pertumbuhan ekonomi kita mencapai sekitar lima persen pada tahun ini, tidak terlalu tinggi tapi juga tidak terlalu rendah dibandingkan negara lain,” ujar

Indonesia dengan berbagai potensinya, termasuk cakupan pasar dan berbagai sumber daya alamnya, masih memiliki kesempatan untuk bangkit. Pemerintah pun sudah mengeluarkan berbagai kewajiban, untuk memanfaatkan potensi-potensi itu.

“Dan sekarang kita sedang bekerja menerapkan kebijakan itu, dan diharapkan sukses dan didukug oleh banyak pihak,” terangnya.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!