PBB Siapkan Sanksi Embargo Minyak ke Korea Utara

redaksi.co.id - PBB Siapkan Sanksi Embargo Minyak ke Korea Utara Sanksi larangan impor (embargo) minyak akan diambil Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara.Diperkirakan dalam beberapa hari...

14 0

redaksi.co.id – PBB Siapkan Sanksi Embargo Minyak ke Korea Utara

Sanksi larangan impor (embargo) minyak akan diambil Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara.

Diperkirakan dalam beberapa hari mendatang DK PBB akan mengesahkan sebuah resolusi yang memperluas sanksi-sanksi terhadap Korea Utara berupa pembatasan pasokan minyak ke negara itu.

Sejumlah sumber di PBB menyatakan AS dan Cina hingga Rabu (24/2/2016) sepakat atas sanksi-sanksi baru terkait uji coba nuklir dan peluncuran roket baru-baru ini.

Sumber-sumber ini menyatakan kedua negara sepakat untuk membatasi perdagangan dengan Korea Utara dalam hal sumber-sumber daya alam termasuk sejumlah produk minyak.

Duta Besar AS untuk PBB Samantha Power mengharapkan bahwa DK PBB akan segera membuat tanggapan yang kuat dan menyeluruh atas langkah-langkah Korea Utara.

DK PBB diperkirakan akan mengesahkan resolusi tersebut secepatnya pekan ini setelah perubahan-perubahan terakhir di antara negara-negara terkait termasuk Rusia.

Perhatian dunia kini terfokus pada sejauh mana resolusi yang memberikan sanksi baru berupa pembatasan perdagangan sumber daya alam ini, akan terbukti efektif dalam menangkal upaya Korea Utara mengupayakan pengembangan nuklir.

Sebelumnya dalam sidang darurat Dewan Keamanan PBB di New York pada Minggu (7/2/2016), sanksi-sanksi baru direncanakan akan diberlakukan kepada Korea Utara sebagai tanggapan atas peluncuran roket jarak jauh yang dinilai melanggar peraturan.

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Samantha Power, mengatakan resolusi baru ini harus mencakup langkah-langkah tegas.

Lebih lanjut ia menyerukan Cina sebagai sekutu dekat Korea Utara untuk mendukung resolusi baru.

“Kami menaruh harapan kepada Cina, seperti seluruh anggota Dewan Keamanan, akan melihat ancaman besar bagi kawasan dan keamanan serta perdamaian internasional, memandang pentingnya mengadopsi langkah-langkah keras yang belum pernah ditempuh sebelumnya, membuat gebrakan baru di sini, melebihi ekspektasi Kim Jong-un,” kata Power.

Sebelumnya Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengecam peluncuran roket jarak jauh oleh Korea Utara.

Presiden Dewan Keamanan PBB Rafael Ramirez Carreno, yang juga menjabat sebagai Duta Besar Venezuela, mengatakan Dewan Keamanan PBB akan mengadopsi resolusi untuk memberlakukan sanksi kepada Korea Utara.

Menurut pemerintah Korea Utara, peluncuran roket tersebut merupakan bagian dari program luar angkasanya. (NHK/BBC)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!