Google Kini Bisa Lacak Lokasi Tempat Foto Diambil

redaksi.co.id - Google Kini Bisa Lacak Lokasi Tempat Foto Diambil , Jakarta - Ingin mengetahui di mana gambar pemandangan menakjubkan yang ada di Internet dapat...

19 0

redaksi.co.id – Google Kini Bisa Lacak Lokasi Tempat Foto Diambil

, Jakarta – Ingin mengetahui di mana gambar pemandangan menakjubkan yang ada di Internet dapat diambil? Menebak lokasi cukup sulit jika gambar tidak dilengkapi geotag.

Google tampaknya melihat masalah ini. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, itu memutuskan untuk membawa sistem pencarian gambar ke tingkat berikutnya.

Google membangun jaringan yang disebut PlaNet dengan lebih dari 90 juta gambar yang telah dilengkapi lokasi. Ketika mencari lokasi gambar, PlaNet dapat mencari dengan mencocokkan tingkat piksel ke database yang sudah ada.

Batch pertama dari uji coba terbukti menjanjikan. PlaNet menemukan lokasi negara dengan tingkat keberhasilan 28,4 persen dan lokasi benua dengan tingkat keberhasilan 48 persen.

PlaNet juga mampu mengenali 3,6 persen kali tingkat akurasi untuk gambar yang diambil di jalan, dan 10 persen kali tingkat akurasi gambar yang diambil di kota.

Tentu, angka-angka tersebut tidak terlihat mengesankan, tapi cukup untuk sebuah permulaan.

Google diharapkan segera meluncurkan PlaNet dalam waktu dekat. Layanan tersebut diperkirakan akan mengambil memori 377 MB, yang berarti dapat berjalan dengan mudah, bahkan di telepon pintar, demikian dilansir dari GSM Arena. ANTARA

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!