Peneliti Temukan Makam Muslim Kuno di Prancis

redaksi.co.id - Peneliti Temukan Makam Muslim Kuno di Prancis , Prancis - Peneliti menduga tiga tengkorak yang terkubur di makam kuno di Prancis. Ketiganya diduga...

29 0

redaksi.co.id – Peneliti Temukan Makam Muslim Kuno di Prancis

, Prancis – Peneliti menduga tiga tengkorak yang terkubur di makam kuno di Prancis. Ketiganya diduga merupakan masyarakat muslim yang masuk pada awal Abad Pertengahan.

Kami melihat dari ritual pemakamannya, kata Yves Gleize dari French National Institute for Preventive Archaelogical Research dan University of Bordeaux seperti dilansir dari Phys , Rabu, 24 Februari 2016. Selain itu, hasil analisa genetikanya juga sesuai.

Hasil pindaian radiokarbon menunjukkan ketiga tengkorak di Nivems ini berasal dari sekitar abad 7 dan 9. Peneliti menduga mereka merupakan bagian dari tentara Umayyad, yang saat itu tengah melakukan ekspansi besar-besaran. Ketiganya dikuburkan sesuai dengan tata cara Islam, termasuk dengan posisi tubuh dan kepala yang mengarah ke Mekah.

Bukti lain adalah adanya jejak gen Afrika Utara dari garis keturunan ayah pada tiga mayat tersebut. Sebelum memasuki Eropa, tentara Umayyad terlebih dahulu mengukuhkan legasi mereka di Afrika Utara. Bukti ini semakin menguatkan teori para peneliti.

Gleize mengakui, masih cukup sulit untuk menemukan situs peninggalan kebudayaan muslim di Prancis. Padahal, pada abad ke-8, sejarah menyebutkan tentara Arab mulai masuk ke sisi utara Pyrennes untuk ekspansi, hingga ke bagian selatan.

Kuburan ini merupakan bukti arkeologis dan antropologis pertama tentang kaum muslim di Perancis Selatan, kata dia.

PHYS | URSULA FLORENE

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!