Fungsi Tombol-tombol Rumit di Setir F1

redaksi.co.id - Fungsi Tombol-tombol Rumit di Setir F1 F1 bukan semata ajang kebut semata. Lebih dari itu, balapan jet darat ini merupakan laboraturium otomotif dunia. Bukan...

64 0

redaksi.co.id – Fungsi Tombol-tombol Rumit di Setir F1

F1 bukan semata ajang kebut semata. Lebih dari itu, balapan jet darat ini merupakan laboraturium otomotif dunia. Bukan hanya mesin yang menjadi perhatian, tetapi juga sistem kendali mobil. Di F1, seluruh pengendalian mobil terletak di stir berbentuk persegi empat.

Seluruh instrumen mobil seperti kecepatan, gigi, tempratur, bahan bakar hingga tuas percepatan ditempatkan satu di dalam roda kemudi yang dilengkapi monitor mini. Praktis, tidak kurang dari 10 tombol dengan fungsi berbeda-beda terdapat dalam satu setir F1.

Tidak pelak, kecanggihan setir F1 berbanding lurus dengan harga per unit yang mencapai Rp 450 juta. Roda kemudi berbentuk persegi ini juga bisa dipasang dan dilepas dalam 5 detik. Jadi, bisa dibayangkan kesibukan pembalap ketika duduk di kokpit dengan kecepatan tinggi sembari fokus dengan puluhan tombol di setir.

Tata letak tombol dan monitor stir berbeda-beda setiap tim. Namun pada dasarnya sama. Memantau komponen mobil ketika balapan berlangsung. Lantas apa saja tombol utama di stir F1? berikut ulasan beberapa tombol di setirF1 sehingga harga per-unitnya mencapai ratusan juta.

Tombol

Tombol N hijau besar ini petunjuk netral..

Tombol +10

Tombol +10 digunakan oleh pembalap ketika ingin melihat 10 halaman instrumen mobil di monitor

Switch Transmisi

Di pinggir kemudi, terdapat switch merah yang bisa diputar dengan tulisan angka di atasnya. Fungsinya, memungkinkan pembalap menyesuaikan pengaturan transmisi mobil dengan cepat.

Switch Radio

Terdapat sebuah switch berwarna merah untuk menyambungkan dengan perangkat radio. Tombol ini berfungsi untuk berbicara dengan tim melalui radio

Tombol kuning bertuliskan OT

Tombol kuning bertuliskan OT merupakan tombol yang digunakan untuk meningkatkan kinerja mesin saat pembalap bersiap untuk menyalip

Tombol ini biasanya dioperasikan bersamaan dengan DRS dan KERS, di mana kedua fitur tersebut akan sangat membantu pembalap untuk menyalip mobil yang ada di depannya.

Tombol ‘P’

Tombol ini speed limiter ketika memasuki dan keluar dari pit stop. Dengan menekan tombol ini, maka kecepatan mobil akan konstan di kecepatan 80km/jam guna menghindari sanksi saat melaju di pit.

SwitchHijau

Switch bertuliskan nomor ini digunakan untuk mengontrol Kinetic Energy Recovery System (KERS). Tombol ini digunakan untuk menyimpan energi kinetik sebagai listrik dan dapat digunakan untuk memberikan kinerja ekstra pada mobil.

Pembalap dapat menentukan berapa banyak energi yang disimpan mobil dengan tombol ini. Energi yang tersimpan kemudian dapat dilepaskan dengan tombol OT.

Tombol Merah

Tombol ini digunakan untuk mengendalikan Drag Reduction System (DRS). Sistem ini mampu menggerakkan sayap belakang untuk mengurangi hambatan udara dan meningkatkan kecepatan pada lintasan lurus.

Fitur ini hanya dapat dipakai di lintasan lurus karena akan membuat mobil tidak stabil bila fitur ini diaktifkan di tikungan. Dalam satu balapan, biasanya hanya ada 2 zona di mana DRS dapat digunakan.

Tombol Biru Bertuliskan Confirm

Tombol ini digunakan ketika suara bising mesin menghalangi pendengaran Anda saat berkomunikasi dengan kru pit. Dengan menekan tombol ini, pembalap telah menyetujui pesan dari kru pit tanpa harus menjawabnya.

Tombol Drinks

Mengendarai mobil F1 pekerjaan yang melelahkan dan tombol ini mengeluarkan air minum. Tombol itu dapat mengeluarkan air dalam hitungan sepermilidetik.

Tombol Ban

Dengan fitur ini, pembalap bisa memberitahu komputer ban apa yang dipasang pada mobil sehingga dapat mengubah penyetelan yang sesuai.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!