Apartemen di Lantai Atas Lebih Mahal? Ini Alasannya

redaksi.co.id - Apartemen di Lantai Atas Lebih Mahal? Ini Alasannya Tahukah Anda jika di luar negeri, unit apartemen yang berada di lantai 10 ke bawah cenderung...

24 0

redaksi.co.id – Apartemen di Lantai Atas Lebih Mahal? Ini Alasannya

Tahukah Anda jika di luar negeri, unit apartemen yang berada di lantai 10 ke bawah cenderung lebih mahal? Masyarakat lebih suka unit yang dekat dengan lantai dasar karena dinilai lebih aman dan efisien, khususnya untuk proses evakuasi ketika berada di kondisi darurat.

Namun, hal sebaliknya justru terjadi di hunian vertikal di Indonesia. Publik negeri ini lebih menyukai unit apartemen di lantai atas. Dengan kata lain, semakin tinggi lantai, unit apartemen yang dijual akan semakin mahal.

Kenapa demikian? Jika hal ini jadi salah satu pertanyaan Anda coba simak ulasan berikut ini. Ada dua poin yang jadi alasan masyarakat memburu unit apartemen di atas, meski harganya lebih mahal, antara lain.

Makin tinggi, makin nyaman dihuni

Anda tentu hafal betul bagaimana kondisi dan suasana perkotaan yang padat penduduk. Macet, ramai dan panas. Seperti di kawasan Jabodetabek, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya.

Sementara itu, letak gedung apartemen umumnya berada di lokasi strategis yang selalu ramai dengan aktivitas hampir 24 jam. Jika membeli unit apartemen di lantai bawah, kemungkinan besar akan terganggu dengan keramaian dan kondisi yang ada.

Untuk itu, masyarakat senang memilih lantai atas karena bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Anda bisa menempati satu unit di atas yang bebas dari kebisingan dan segala aktivitas. Udara pun cenderung lebih segar dan dingin.

Daya tarik sebuah ‘view’

Kenyamanan, letak, harga dan kelengkapan fasilitas unit apartemen merupakan pertimbangan-pertimbangan yang sering dipikirkan masyarakat. Hal ini menyangkut efisiensi waktu dan kebutuhan.

Namun, ketika hal tersebut terpenuhi ada satu hal yang jadi daya tarik tersendiri. Bahkan beberapa orang mengutamakan faktor ini saat mencari sebuah unit hunian vertikal. Hal itu terkait pemandangan.

View terbaik biasanya terletak di lantai atas. Dimana penghuni bisa menikmati pemandangan perkotaan, laut, taman dan sebagainya dari ketinggian tertentu.

Meski demikian, ada beberapa pemandangan menawan yang ditawarkan unit di lantai bawah. Misalnya apartemen yang meghadap ke kolam renang. Untuk unit yang menawarkan keunikan dan keindahan kolam renang, tentu unit di lantai tengah akan lebih mahal. Jika ketinggian pemandangan terasa kurang indah.

Sedikit saran untuk Anda yang hendak membeli sebuah unit apartemen. Ada baiknya mempertimbangkan kebutuhan, pola keseharian dan fasilitas yang ada. Misalnya tentang kecepatan lift. Bila lift cenderung lambat dan Anda pribadi super sibuk, tentu akan membuang banyak waktu berharga.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!