Catatan Waktu Raikkonen Gemilang di Ajang Pramusim F1

redaksi.co.id - Catatan Waktu Raikkonen Gemilang di Ajang Pramusim F1 Kimi Raikkonen meneruskan start positif Ferrari pada musim Formula 1 2016 dengan mencatatkan waktu tercepat pada...

25 0

redaksi.co.id – Catatan Waktu Raikkonen Gemilang di Ajang Pramusim F1

Kimi Raikkonen meneruskan start positif Ferrari pada musim Formula 1 2016 dengan mencatatkan waktu tercepat pada hari keempat tes pramusim, ketika kerja sama McLaren-Honda menjalani hari yang ingin dilupakan.

Ferrari kini memuncaki daftar catatan waktu tercepat pada tiga hari dari empat hari pengujian, lapor AFP.

Raikkonen mencatatkan waktu tercepat peringkat ketiga pada pekan ini, yakni 1 menit 23,477 detik, dengan menggunakan ban-ban ultralembut baru, tapi tertinggal 1 per 10 detik di daftar catatan waktu dari rekor yang ditorehkan rekan setimnya Sebastian Vettel pada Selasa.

Harapan Honda-McLaren untuk awal yang segar pada musim 2016 mendapat hambatan ketika Fernando Alonso gagal mencatatkan satu waktu putaran pun sepanjang hari.

Juara dunia dua kali itu hanya mampu melakukan tiga putaran instalasi sebelum makan siang, sebelum timnya memutuskan untuk tidak lagi melaju pada hari itu karena kebocoran sistem pendingin.

Kerja sama McLaren-Honda terbukti menjadi bencana pada musim lalu ketika masalah-masalah daya tahan terus menghinggapi dan minimnya penampilan bagus dari mesin Honda membuat mereka tercecer di urutan kesembilan dari sepuluh tim yang mengikuti kejuaraan konstruktor.

Sebagian besar masalah itu terlihat sudah berkurang ketika Jenson Button dan Alonso mencatatkan lebih dari 200 putaran pada dua hari pertama pengujian, setelah apa yang disebut direktur balap Eric Boullier sebagai revisi lengkap terhadap mobil mereka.

Bagaimanapun, hari kedua Button di mobil itu harus dipersingkat karena masalah hidrolik.

Dan para penggemar di Barcelona dibuat kecewa ketika pahlawan lokal mereka Alonso terjebak di garasi sepanjang hari pada Kamis.

Tim itu sekarang memiliki banyak pekerjaan untuk tes kedua berdurasi empat hari kedua di trek Circuit de Barcelona-Catalunya dari 1 sampai 4 Maret, di mana balap pembuka musim ini akan dilakukan di Australia kurang dari sebulan lagi, yakni pada 20 Maret.

Pembalap Rusia, Daniil Kvyat, menjadi pembalap tercepat kedua untuk Redbull, meski nyaris tertinggal satu detik di belakang Raikkonen ketika sebagian besar tim memprioritaskan daya tahan dibanding kecepatan.

Bagaimanapun, start impresif Force India juga berlanjut ketika pembalap penguji Alfonso Celia mencatatkan waktu tercepat urutan ketiga, setelah Nico Hulkenberg mencatatkan waktu terbaik pada Rabu.

Mantan pembalap McLaren, Kevin Magnussen, menikmati hari dengan lebih baik untuk Renault saat mereka kembali ke olahraga ini sebagai konstruktor dengan melakukan 153 putaran dan mencatatkan waktu tercepat peringkat keempat.

Mercedes kembali mengukir putaran demi putaran ketika juara dunia Lewis Hamilton mencatatkan 99 putaran, sebelum memberikan tugas-tugas mengemudi kepada Nico Rosberg untuk sesi petang dan turun ke peringkat keenam tercepat.

Rosberg menambahi 86 putaran lagi untuk Mercedes pada empat hari pembukaan menjadi 675 putaran.

Raksasa Jerman itu juga memberi debut di lintasan bagi hidung baru untuk W07, yang dapat memberi keuntungan bagi pemegang gelar pembalap dan konstruktor itu lebih banyak keunggulan pada 2016.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!