Pesawat Berpenumpang 21 Orang Hilang di Pegunungan Nepal

111

redaksi.co.id – Pesawat Berpenumpang 21 Orang Hilang di Pegunungan Nepal

– Tim penyelamat dikerahkan Rabu (24/2) pagi waktu setempat untuk menyusuri daerah pegunungan Nepal. Sebuah pesawat dengan 21 penumpang dengan dua anak kecil di dalamnya dinyatakan hilang kontak.

Pesawat milik maskapai Tara Air yang hilang itu berjenis Twin Otter. Kontak dengan pengawas lalu lintas udara delapan menit seusai lepas landas dari Kota Pokhara, di barat Nepal.

“Pesawat membawa 18 penumpang dengan tiga awak kabin, satu orang China dan satu orang berkebangsaan Kuwait, sedangkan lainnya berasal dari Nepal, termasuk dua anak kecil,” sumber maskapai mengatakan, seperti dikutip English Al Arabiya, Rabu (24/2).

Pantauan cuaca diketahui bagus saat pesawat lepas menuju Jomson, sebuah tempat pendakian populer di Himalaya, sekitar 20 menit terbang dari Pokhara, berjarak 225 kilometer dari barat Kathmandu.

“Cuaca di kedua tempat sangat baik dan bandara juga siap menerbangkan sesuai arahan pengatur lalu lintas udara,” ujar pernyataan maskapai.

Tara Bahadur Karki, Juru Bicara Militer Nepal mengatakan tim siudah disebar namun terhambat kabut.

“Mereka sedang melihat di titik area yang kemungkinan hilangnya pesawat, namun belum dapat diiketahui dimana lokasi hilangnya pesawat tersebut,” ujarnya.

Perjalanan wisata di Nepal hanya memiliki jangkauan terbatas, khususnya di pegunungan dan perbukitan yang dapat diakses dengan berjalan kaki atau lewat udara.

Negara yang belum pulih dari bencana gempa bumi hebat pada April tahun lalu ini telah mengalami sejumlah bencana udara dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar dikaitkan dengan pilot yang tidak berpengalaman dan manajemen buruk , serta pemeliharaan yang tidak memadai.

Dua tahun lalu , sebuah pesawat jenis serupa milik maskapai penerbangan nasional Nepal Airlines menabrak bukit tidak lama setelah lepas landas dari Pokhara, menewaskan semua 18 orang di dalamnya.

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!