Cara Sisihkan Gaji Jika Mau Ajukan Pensiun Dini

redaksi.co.id - Cara Sisihkan Gaji Jika Mau Ajukan Pensiun Dini Memiliki waktu luang untuk menikmati kehidupan memang menjadi salah satu impian bagi setiap orang saat berada...

28 0

redaksi.co.id – Cara Sisihkan Gaji Jika Mau Ajukan Pensiun Dini

Memiliki waktu luang untuk menikmati kehidupan memang menjadi salah satu impian bagi setiap orang saat berada di masa tua nanti.

Dibandingkan dengan terus bekerja untuk mengumpulkan uang di masa-masa tua, pensiun dini bisa menjadi alternatif terbaik dalam menghabiskan masa tua.

Tetapi, untuk memasuki masa pensiun, Anda juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya termasuk jumlah tabungan, aset, dan investasi yang dapat Anda gunakan nanti.

Bagaimana cara menyiapkannya?

Tentu Anda tidak ingin terus bekerja sepanjang waktu sampai menghabiskan masa-masa tua Anda dengan berada di depan komputer, laptop, atau meja kantor, jadi sudah saatnya bagi Anda untuk mempersiapkan diri untuk masa pensiun Anda agar Anda tidak lagi bekerja untuk uang, tetapi uang yang bekerja untuk Anda.

Simak caranya :

Terlambat menabung, sisihkan lebih besar

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Liberty Investments mengungkapkan bahwa untuk mempersiapkan diri pensiun di umur 40 tahun, setidaknya Anda harus menabung sebesar 62,44 persen dari gaji Anda.

Sementara jika Anda memutuskan untuk pensiun di usia yang lebih tua yaitu 70 tahun, Anda hanya perlu menabung sebesar 5,27 persen dari gaji bulanan Anda.

Hitung masa menabung dari sekarang

Sebaliknya, apabila Anda mulai menabung di umur 25 tahun sampai 40 tahun Anda akan mendapatkan tabungan 50 persen lebih banyak dibandingkan jika Anda mulai menabung di umur 40 tahun dan berhenti melakukannya pada umur 65 tahun.

Untuk itu, Anda disarankan untuk menabung sejak mulai Anda pertama kali bekerja secara konsisten apabila Anda menginginkan untuk pensiun lebih dini dan menikmati masa tua Anda dengan kebahagiaan.

Gunakan jasa perencana keuangan

Agar bisa konsisten dalam menabung, rekomendasinya Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan.

Dengan segala data mengenai keuangan yang diberikan, sang konsultan nantinya bisa memberikan arahan yang jelas dan membantu Anda untuk mengatur keuangan dengan ketat dan mempersiapkan masa pensiun dini Anda dengan baik.

Atau, gunakan saja aplikasi keuangan untuk mengantur urusan finansialmu dengan tujuan untuk mempersiapkan masa pensiunmu. Setelah memiliki dana yang cukup di usia pensiunmu, maka gunakanlah uang tersebut untuk berinvestasi dan biarkan uang yang bekerja. (Ndw/Gdn)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!