Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Minta Televisi Siarkan Gerhana

redaksi.co.id - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Minta Televisi Siarkan Gerhana , Palembang - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo memastikan tidak semua siswa di provinsi...

25 0

redaksi.co.id – Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Minta Televisi Siarkan Gerhana

, Palembang – Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo memastikan tidak semua siswa di provinsi tersebut dapat mengamati secara langsung gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 di Palembang. Padahal GMT merupakan salah satu media ilmiah yang layak diikuti siswa.

Tidak semua dari sekitar 1,8 juta siswa itu dapat mengamati GMT karena mereka menyebar di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. “Diprediksi, 350 tahun lagi GMT melintasi Indonesia. Itu pun tak lewat Palembang,” kata Widodo, Minggu, 28 Februari 2016.

Menyikapi hal itu, Widodo meminta media massa dapat menyiarkan fenomena alam tersebut secara detail sebagai media pembelajaran bagi para siswa. Bagi media televisi, GMT sebaiknya dapat disiarkan secara langsung, sehingga siswa di pelosok desa pun dapat melakukan pengamatan secara mandiri atau kelompok.

Menurut Widodo, sudah ada dua media televisi nasional yang tertarik menyiarkannya. “Sejauh ini, Metro TV dan TVRI menyatakan kesiapan mereka melakukan siaran langsung,” ujarnya.

Widodo menuturkan Dinas Pendidikan ingin mengedukasi masyarakat luar tentang GMT agar disadari atas peristiwa alam yang sangat jarang terjadi ini. Selain itu, mendorong agar sekolah, termasuk guru dan siswa, memanfaatkan peristiwa GMT sebagai medium pembelajaran akademis dengan mengaitkan pelajaran astronomi dan agama.

“Sekolah juga bisa membuat project penelitian, misal, dengan mengamati perilaku binatang selama GMT.”

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga selaku panitia penyelenggara menyatakan telah menyiapkan agenda khusus bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dan ilmuwan. Saat Gerhana berlangsung, mereka diperkenankan melakukan pengamatan dari beberapa tempat strategis, seperti Jembatan Ampera, tower danau ski air, dan helipad Hotel Aryaduta. “Selain itu, akan ada tur edukasi yang disiapkan bagi pelajar,” ucap Irene.

PARLIZA HENDRAWAN

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!