Konglomerat Iran Beli Everton

redaksi.co.id - Konglomerat Iran Beli Everton Semakin banyak saja orang kaya Asia berinvestasi di Liga Premier Inggris. Setelah Sheikh Mansour, kini giliran Farhad Moshiri. Konglomret Iran...

21 0

redaksi.co.id – Konglomerat Iran Beli Everton

Semakin banyak saja orang kaya Asia berinvestasi di Liga Premier Inggris. Setelah Sheikh Mansour, kini giliran Farhad Moshiri. Konglomret Iran ini membeli saham Everton.

Moshiri total membeli 49,9 persen saham rival sekota Liverpool itu. Moshiri bakal menjadi pemilik saham mayoritas di Everton.

Pembelian saham mayoritas Everton ini tinggal menunggu persetujuan dari pengelola Liga Premier Inggris. Moshiri harus mengeluarkan dana sebesar 200 juta pound demi memiliki saham Everton.

Sebelum dibeli Moshiri, Everton santer dikaitkan dengan konsorsium Amerika Serikat. Namun nampaknya tawaran Moshiri lebih menggiurkan. Kabarnya Moshiri juga membeli hutang-hutang klub.

Pria 60 tahun itu berjanji akan memberikan suntikan dana segar kepada Everton. Dengan kehadiran Moshiri, Everton mungkin bakal aktif belanja pemain musim panas nanti.

“Everton Football Club hari ini mengumumkan bahwa klub akan memiliki pemegang saham utama baru yang membawa janji investasi baru,” demikian pernyataan resmi Everton.

Moshiri serius ingin menjadi pemilik saham mayoritas Everton. Demi memiliki The Toffees, Moshiri sampai rela melepas sahamnya di Arsenal kepada Alisher Usmanov pekan lalu.

Meski sekarang menjadi pemilik saham mayoritas, Moshiri masih akan mempercayakan Bill Kenwright sebagai chairman Everton.

“Saya senang dapat mengambil kesempatan menjadi pemilik saham Everton, dengan warisan sebagai salah satu klub terkemuka Eropa. Bill Kenwright telah mengajarkan saya apa artinya menjadi seorang Evertonian dan saya berharap untuk bekerja dengan dia untuk membantu memberikan kesuksesan bagi Everton di masa depan,” ujar Moshiri.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!