Gerhana Matahari Total, Jakarta Hanya Dapat 90 Persen

redaksi.co.id - Gerhana Matahari Total, Jakarta Hanya Dapat 90 Persen , Padang - Fenomena gerhana matahari total, yaitu tertutupnya seluruh cakram matahari oleh bulan, pada...

37 0

redaksi.co.id – Gerhana Matahari Total, Jakarta Hanya Dapat 90 Persen

, Padang – Fenomena gerhana matahari total, yaitu tertutupnya seluruh cakram matahari oleh bulan, pada 9 Maret 2016 hanya bisa disaksikan penduduk di 12 provinsi di Indonesia.

Ke-12 provinsi yang beruntung dilintasi gerhana itu adalah Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Jambi bagian selatan, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Warga di wilayah lain, dari Banda Aceh hingga Merauke, juga bisa menyaksikan gerhana matahari ini, tapi hanya sebagian. Persentase cakram matahari yang tertutup bulan amat ditentukan posisi wilayah dari jalur lintasan gerhana. Palangkaraya adalah salah satu kota yang mataharinya tertutupi bulan 100 persen, kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono.

Rahmat mengatakan, semakin dekat dengan jalur lintasan gerhana matahari total, akan kian besar pula magnitudo gerhana. Jalur lintasan gerhana matahari total dengan magnitudo lebih atau sama dengan 1 menunjukkan daerah tersebut akan dilalui gerhana matahari total.

Artinya, sinar matahari 100 persen tertutupi bulan di 45 daerah di 12 provinsi, sedangkan wilayah Indonesia lain yang magnitudo jalur lintasannya kurang dari 1 akan mengalami gerhana matahari sebagian, dari Banda Aceh hingga Merauke, ujarnya, Selasa, 1 Maret 2016.

Persentase gerhana matahahari:

-Banda Aceh akan tertutupi 75 persen dan hanya sekitar 25 persen sinar matahari yang akan diteruskan di wilayah itu.

-Medan 80 persen.

-Jakarta 90 persen.

-Yogyakarta 85 persen.

-Denpasar 80-85 persen.

-Manado 95-98 persen.

-Pontianak 90-95 persen.

-Makassar sekitar 90 persen.

-Kupang 70-75 persen.

-Jayapura 75-80 persen.

-Merauke 65-70 persen.

FEBRIANTI

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!