10 Alasan Anda Masih Terlibat Utang

redaksi.co.id - 10 Alasan Anda Masih Terlibat Utang Jika Anda masih muda, baru lulus kuliah, baru memulai bisnis, atau bahkan baru saja membina rumah tangga, ada...

41 0

redaksi.co.id – 10 Alasan Anda Masih Terlibat Utang

Jika Anda masih muda, baru lulus kuliah, baru memulai bisnis, atau bahkan baru saja membina rumah tangga, ada kemungkinan kondisi keuangan Anda belum stabil. Pendidikan memang menyita banyak uang, sama halnya dengan saat Anda membangun bisnis.

Mengelola keuangan tidak selalu mengenai berapa uang yang masuk dan berapa banyak yang keluar. Pengelolaan keuangan adalah bagaimana cara Anda menabung dan membelanjakan uang dan juga berbagi dengan sesama.

Seperti yang dikutip dari laman Lifehack.org, Senin (29/2/2016), berikut beberapa alasan yang tetap membuat Anda berada dalam lilitan hutang:

1.Tidak terbiasa menabung

2. Belanja berlebihan

3. Tidak menghargai uang

4. Belum bisa mengatur keuangan dengan baik

Bayangkan saat ini Anda melihat barang yang sangat amat Anda inginkan. Anda dapat memperkirakan apa uang yang ada di bank cukup untuk membeli barang tersebut.

Gunakan alat pengecek budget Anda yang mudah digunakan, aplikasi atau pena dan kertas mungkin bisa jadi alternatif termudah, jangan gunakan kartu kredit terlalu sering karena utang bagaimanapun juga tidak bisa terbayar dengan sendirinya.

5. Sering tergoda membeli barang

Ketika Anda ingin bercocok tanam, kenapa harus membeli sekop dan cangkul ketika Anda bisa meminjam nya dari tetangga Anda. Adakalanya meminjam lebih baik daripada terlalu sering membeli.

6. Mudah terbujuk cepat kaya

Anda terlalu mudah terbujuk pada ide “kaya dengan cepat”. Kaya dengan sangat cepat terjadi mungkin pada 1 persen orang di dunia ini, dari memenangkan lotere misalnya, jadi jangan terlalu mudah terpaku pada ide ide “kaya instan” seperti itu.

Gunakan waktu Anda untuk membangun sebuah usaha yang bisa bertahan lama atau meniti karir sampai benar benar mendapat hasil yang sesungguhnya yang memang perlu proses tapi kemungkinan tercapailebih mudah.

7. Boros

Cara Anda menghabiskan uang banyak caranya,yang memang secara rutin dilakukan seperti membeli bahan bakar, keperluan dapur atau sekolah anak. Namun bisa uang Anda habis karena merokok, judi,minum minuman keras, mungkin Anda harus berpikir untuk merubah gaya hidup Anda.

Banyak cara untuk menghindari segala hal negatif yang Anda klaim dapat melepaskan penat, dan jika Anda benar benar sulit untuk melepaskan kebiasaan buruk ini, Anda harus mencari pertolongan.

8. Sering menggesek kartu kredit

Anda menggunakan kartu kredit untuk hal yang bahkan uangnya tidak Anda miliki sekarang. Jika Anda saat ini membayar secara tuniasaja tidak bisa, jangan gunakan kartu kredit.

Untuk hal semacam perbaikan mobil, membayar dana pendidikan, atau yang lain. Usahakan mencari dana atau menabung sehingga Anda bisa benar benar membayar hal tersebut.

Jangan meminjam uang kepada bank bila tidak benar benar terdesak, ingat dana dari bank ada bunga nya dan pihak bank akan selalu berusaha agar Anda meminjam lebih banyak uang.

9. Terpaku dengan barang bermerek

Membayar mahal untuk sekedar merek atau status sering dilakukan. Untuk sehelai kaos berwarna sama dan berbahan sama, kenapa Anda harus mebayar 4 kali lipat lebih mahal? Selama ini kita dibutakan oleh sesuatu yang bernama merek, industri fashion menghasilkan sangat banyak uang dari hal tersebut.

Ingat, Anda tetap menjadi orang yang dicintai oleh keluarga dan rekan rekan Anda tanpa harus memiliki embel embel label tertentu. Jadi mengapa bersusah payah memukau orang dengan tampilan luar yang sebenarnya bisa jauh lebih murah Anda dapatkan dari merk yang lain.

10. Tidak memikirkan masa depan

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!