Komponen Kapal Pertamina Masih Bergantung Barang Impor

redaksi.co.id - Komponen Kapal Pertamina Masih Bergantung Barang Impor PT Daya Radar Utama sebagai sub kontraktor pengembang kapal angkut minyak PT Pertamina (persero) sedang membangun 10...

31 0

redaksi.co.id – Komponen Kapal Pertamina Masih Bergantung Barang Impor

PT Daya Radar Utama sebagai sub kontraktor pengembang kapal angkut minyak PT Pertamina (persero) sedang membangun 10 unit baru. Dalam produksinya ternyata mereka masih sangat bergantung pada komponen impor.

Direktur Teknik PT Daya Radar Utama M. Affandi menjelaskan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 70 persen dari bahan impor dan 30 persen dari lokal. Alasan utamanya kata Affandi karena keterbatasan industri pendukung di Indonesia.

“Industri penunjangnya masih sedikit di Indonesia, seharusnya itu bisa jadi potensi untuk mengembangkan di dalam negeri” ujar Affandi di galangan kapal PT Daya Radar Utama di Lamongan, Jawa timur Sabtu (27/2/2016).

Kapal milik pertamina tersebut memiliki Panjang 157 meter, lebar 28 meter dan tinggi 12 meter. Kapal tersebut ditujukan untuk pelayaran antar samudra sehingga harus sesuai dengan standar internasional.

Affandi memaparkan kapal yang diprakarsai awalnya oleh PT PAL Indonesia, memang dipesan untuk kebutuhan dari luar negeri. Karena hal itu banyak komponen yang memang dipesan khusus impor.

“TKDN setiap kapal memang berbeda sebab sangat bergantung dari permintaan dari klien,” kata Affandi.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!