Wifi Ini Bikin Baterai Smartphone 10 Ribu Kali Lebih Hemat

redaksi.co.id - Wifi Ini Bikin Baterai Smartphone 10 Ribu Kali Lebih Hemat Beberapa dari Anda munkin sudah memiliki aplikasi yang memebuat baterai smartphone anda menyimpan daya...

35 0

redaksi.co.id – Wifi Ini Bikin Baterai Smartphone 10 Ribu Kali Lebih Hemat

Beberapa dari Anda munkin sudah memiliki aplikasi yang memebuat baterai smartphone anda menyimpan daya lebih atau menghemat daya pada smarphone. Sebagian dari Anda mungkin juga beralih ke Mode Airplane untuk menghemat baterai. Tapi apakah itu bekerja sesuai dengan keinginan anda?

Ada kabar baik dari ilmuan computer dan insiyur dari AS yang menunjukan bahwa masalah ini bisa diatasi dengan wifi buatannya. Dilansir dari laman Scienc Aalert, wifi ini dapat mentransmisikan daya lebih hemat. Wifi ini memerlukan daya 10.000 kali lebih sedikit dari pada wifi konvensial. Teknologi wifi ini disebut dengan Passive Wifi.

“Kami ingin melihat apakah kita bisa mencapai Wi-Fi transmisi tanpa menggunakan daya sama sekali,” kata salah satu tim, Shyam Gollakota dari University of Washington.

Gollakota dan timnya menemukan cara untuk mencapai daya rendah untuk transmisi wifi dengan memisahkan operasi digital dan analog yang terlibat dalam transmisi radio. Selama beberapa dekade, perbaikan besar telah dilakukan untuk komponen digital yang digunakan dalam transmisi ini.

Tim berhasil merancang lebih efisien dari sebelumnya. Tapi tidak ada yang benar-benar terganggu dengan komponen analog, yang berarti masih akan menggunakan banyak daya.

Passive Wifi mampu selektif mencerminkan gelombang radio yang masuk dan membangun sinyal baru keluar dari itu. Pada saat yang sama Passive wifi menyerap energi dari sinyal itu memodifikasi untuk daya sirkuit nya.

Pertama, satu perangkat dicolokkan ke dinding, bagian ini menggunakan sebagian besar dalam seluruh proses ini kemudian akan terjadi pengiriman gelombang analog ke pasif sensor wifi khusus. Sensor ini praktis tidak memerlukan daya untuk menjalankannya.

Perangkat kemudian akan mengambil gelombang mereka, mencerminkan mereka dengan saklar digital, yang menciptakan apa yang disebut ‘paket wifi’. Ini adalah internet rendah energi pada tingkat 11 megabit per detik untuk perangkat seperti ponsel, router, dan banyak lagi.

Sejauh ini, teknologi telah berhasil dipamerkan di Universitas Washington, dan dilaporkan dapat terhubung ke segala jenis perangkat Wi-Fi-enabled hingga 30 meter.

Teknologi ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 teknologi terobosan 2016 oleh tim di MIT Technology Review. Berdasarkan laporan, untuk membuat teknologi ini hanya diperlukan biaya produksi kurangdari 1 dolar.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!