Sikap RI Terkait Bomber Bali Hambali Jika Guantanamo Ditutup

redaksi.co.id - Sikap RI Terkait Bomber Bali Hambali Jika Guantanamo Ditutup Kementerian Luar Negeri (Kemlu) angkat bicara terkait rencana penutupan penjara Guantanamodi Amerika Serikat. Sebab di...

16 0

redaksi.co.id – Sikap RI Terkait Bomber Bali Hambali Jika Guantanamo Ditutup

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) angkat bicara terkait rencana penutupan penjara Guantanamodi Amerika Serikat. Sebab di penjara super ketat tersebut terdapat salah satu narapidana asal Indonesia, Hambali.

Juru Bicara KemluArrmanatha Nasir mengatakan, jika nanti Guantanamoditutup, Pemerintah AS memastikan Hambali tetap akan dijaga dengan ketat.Kebijakan ini diambil karena pria itu adalah narapidana yang dianggap AS sangat berbahaya.

“Masih ada 91 tahanan yang tingkatannya cukup berbahaya dan ada sebagian yang sangat berbahaya, Hambali masuk kategori sangat berbahaya,” ucap pria yang kerap di sapa Tata ini di kantor Kemlu, Senin (29/2/2016).

“Karena (Hambali) ancaman bagi AS, mereka menjaga untuk memastikan yang bersangkutan tetap berada dalam penjagaan yang ketat,” sambung dia.

Untuk menjaga Hambali tetap diawasi dengan ketat, Tata menegaskan, hal juga merupakan sikap dari Pemerintah Indonesia.

“Yang pasti di situ ada tahanan yang dipandang oleh AS cukup bahaya baik untuk as mau pun dunia. Apa bila ada penutupan pasti menjadi perhatian Indonesia untuk menjaga tahanan itu tetep secure,” jelas Tata.

Hambaliditahan di penjara pangkalan Angkatan Laut AS itusejak 2006. Sosok tersangka teroris Kasus Bom Bali 2002 sekaligus pemimpin Jamaah Islamiyah itu ditangkap di Thailand pada Agustus 2003.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!