Vatikan: Gereja Dikotori Pendeta Pedofilia

redaksi.co.id - Vatikan: Gereja Dikotori Pendeta Pedofilia Kepala Keuangan Vatikan, George Pell mengutuk keras para pendeta yang melakukan pedofilia di lingkungan gereja Katolik.Pell mengakui Gereja Katolik...

16 0

redaksi.co.id – Vatikan: Gereja Dikotori Pendeta Pedofilia

Kepala Keuangan Vatikan, George Pell mengutuk keras para pendeta yang melakukan pedofilia di lingkungan gereja Katolik.

Pell mengakui Gereja Katolik dikotori oleh Pendeta pedofilia, dan ia bersumpah tidak akan membela dan mempertahankan sebelum penyelidikan pihak Australia pada kasus pedofilia di negara bagian Victoria.

Kardinal memberikan bukti dari Roma melalui link video ke Komisi di Australia yang menangani pelecehan seksual terhadap anak. Penyelidikan saat ini difokuskan pada wilayah negara bagian Victoria, Ballarat di mana Pell besar dan bekerja disana.

Gereja di kawasan itu menghadapi banyak keluhan terhadap pendeta, sebagian besar kasus terjadi pada 1970-an. Pell yang kini menjadi pejabat tinggi Katolik di Australia mengatakan sejarah Gereja Katolik terdapat kesalahan serius atas kasus pedofilia ini, dan kini pihak Vatikan punya tanggung jawab memperbaiki ini.

“Gereja telah membuat kesalahan besar menyembuhkan mereka. Di banyak tempat termasuk di Australia, Gereja telah dikotori mereka. Saya disini bukan untuk membela mempertahankan,” katanya dilasir AFP, Senin (29/2).

Namun ia membantah struktur kepemimpinan di Gereja Katolik harus disalahkan atas banyaknya kasus pedofilia ini. Pell sebelumnya selalu membantah mengakui adanya pelecehan seksual anak yang terjadi di Ballarat termasuk kasus pendeta Gerald Ridsdale, yang menjadi kasus pedofilia oleh Imam Katolik terburuk di Australia.

Ridsdale diduga telah mengorbankan puluhan orang dalam waktu lebih dari dua dekade sebagai pedofilia. Pell juga membantah membantu memindahkannya ke paroki lain atau bahwa ia mencoba untuk menutup mulut siapa pun.

Dia mengatakan kepada komisi perlindungan anak bahwa cara gereja menangani Ridsdale adalah ‘bencana’. “Saya baru saja membaca kembali file dari kasus mantan pendeta Ridsdal. Dan kasus yang menjeratnya merupakan sebuah bencana bagi para korban dan bencana bagi Gereja,” katanya.

Kasus pedofilia mantan pendeta Gerald Ridsdale memang cukup mencengangkan publik Australia. Sekelompok korban pelecehan oleh Ridsdale di Australia telah melakukan perjalanan ke Roma untuk mendengar bukti yang disampaikan Pell.

Kasus ini terungkap luas di publik, setelah Australia memerintahkan Komisi negara perlindungan anak mengusut kasus ini pada 2012. Hal ini setelah satu dekade kelompok masyarakat menekan agar dilakukan penyelidikan atas tuduhan pedofilia di seluruh negeri.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!